Gadis Minang Pembawa Baki Upacara HUT RI di IKN Bernama Maulia

Minggu 11-08-2024,18:42 WIB
Reporter : Tim
Editor : Dona Piscesika

JAMBIEKSPRES.CO.ID – Nama lengkapnya Maulia Permata Putri. Ia sekolah di SMAN 1 Kota Solok dan kini duduk di kelas XI.

Gadis minang ini mendapat kepercayaan sebagai anggota Paskibraka nasional dengan posisi pembawa baki bendera dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

Selain Maulia, anggota Paskibraka nasional yang terpilih asal Sumbar juga ada Raidzaky Rafifaldrie dari SMAN 1 Kota Padang.

Kembali kepada Maulia, prestasi yang diraih Maulia ini menjadi kebanggan tersendiri bagi sekolah dan juga daerah asalnya yaitu Solok.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Kota Solok, Dwi Suyarto seperti dikutip dari Antara, mengatakan bahwa saat ini Maulia sudah berada di Jakarta untuk mengikuti pelatihan Paskibraka.

Kata Dwi, Maulia kini sedang konsetrasi tengah pelatihan sebagai pembawa baki bendera. Ia berharap besar, Maulia mampu mempertahankan posisi ini hingga benar-benar terpilih dan ditetapkan sebagao pembawa baki di tanggal 17 Agustus mendatang.

Maulia merupaja gadis minang yang berasal dari Nagari (Desa) Parambahan, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok.

Prestasi Maulia sebenarnya tak hanya bidang baris berbaris, dalam keseharian ia termasuk dalam jajartan siswa yang berprestasi di sekolah bidang akademik.

“Nilai Maulia selalu bagus dan membanggakan. Sedangkan untuk ekstrakurikuler, sejak awal masuk sekolah Maulia memang lebih tertarik dan fokus ke Paskibraka," ujar Dwi.

Di sekolah Maulia juga  dikenal sebagai siswi yang baik, terampil dan mengikuti tata tertib sekolah dengan baik.

Perjalanan Maulia menjadi anggota Paskibraka ternyata didahului dengan keaktivannya di ekstrakurikuler bidang Paskibra di sekolah.

Maulia tekun berlatih bersama dengan tim lainnya kemudian dia mencoba mengikuti rekrutmen Paskibraka untuk tingkat nasional tahun 2024 ini.

Berkat kegigihan dan kesungguhannya, Maulia pun mulai ikut pemusatan latihan Paskibraka sejak pertengahan bulan Juli 2024 lalu.

Namanya masuk dalam 76 siswa-siswi terpilih dari seluruh Indonesia yang menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Setelah adanya pencapaian yang membanggakan tersebut, tidak hanya pihak sekolah, bahkan seluruh masyarakat Sumatera Barat sangat berbangga karena salah seorang putra daerah itu berhasil ikut tergabung di dalam Tim Paskibraka Nasional 2024.

Apalagi terpilih sebagai pembawa baki bendera pada HUT ke-79 RI nanti.

Pihak sekolah pun melakukan arak-arakan saat pelepasan Maulia menuju karantina di Jakarta pada Rabu (10/7) lalu sebagai salah satu bentuk kegembiraan atas prestasi yang diraih murid kebanggaan mereka.
 
Arak-arakan tersebut sangat meriah. Maulia beserta sejumlah guru tengah berada di atas mobil Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok serta diiringi oleh seluruh siswa siswi SMAN 1 Kota Solok dengan motor mereka.

Beberapa siswa di depan mobil PMI memegang tongkat yang diikat bendera merah putih menggunakan sepeda motor.

"Pada 10 Juli lalu, sebelum Maulia berangkat ke Jakarta, kami sudah melakukan arak-arakan keliling Kota Solok," ujar Dwi.

Arak-arakan tersebut adalah bentuk rasa syukur serta bertujuan untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat bahwa ada putri terbaik asal SMAN 1 Kota Solok yang lolos Paskibraka tingkat nasional.

"Sekali lagi, kami dari pihak sekolah sangat bangga sekali atas terpilihnya Maulia sebagai peserta Paskibraka tingkat nasional. Bahkan ini merupakan pertama kalinya dari sekolah kami," ucap dia lagi. (*)


Kategori :