Provinsi di Pulau Jawa Dimekarkan Menjadi 16 Provinsi, Berikut Tambahan 10 Provinsi Terbaru

Selasa 09-07-2024,14:20 WIB
Reporter : Setya Novanto
Editor : Setya Novanto

Untuk wilayah yang masuk ke Provinsi Jawa Selatan atau Mataraman antara lain, Kabupaten Ngawi, Kota Madiaun, Kabupaten madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kedidri, Kota Kediri dan Kabupaten Nganjujk.

Direncanakan untuk ibukota Provinsi Jawa Selatan atau Mataram berlokasi di Kota Kediri.

8.Provinsi Malang Raya

Provinsi Malang Raya adalah pemekaran dari Jawa Timur. Wilayah yang bakal masuk ke Provinsi Malang raya antara lain. Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu

Untuk ibukotanya direncanakan di Kota Malang.

9.Provinsi Blambangan

Provinsi Blambangan dimekarkan dari Provinsi Jawa Timur

Untuk wilayah yang bakal masuk ke Provinsi Blmbangan antara lain, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabuoaten Biindowoso, Kabuoaten Situbondo, Kabuoaten Probolinggo, Kota Probolinggo dan Kabuapten lumajang.

Untuk Iboktanya direncanakan di Kabupaten Jember

10. Provinsi Madura

Provinsi Madura adalah hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Timur

Untuk wilayah yang bakal masuk ke Provinsi Madura antara lain, Kabupaten Bangkalan, Kabuoaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kota Pamekasan dan Kabypaten Sumenep.

Untuk ibukotanya direncanakan di Kota Pamekasan.

Demikian informasi terbaru pemekaran di Pulau Jawa yang dikutip Jambi Ekspres dari youtube Atlantis People pada Selasa 9 Juli 2024. (*)

 

Kategori :