Lewat Bukit Binor, Tol Probowangi Bakal Hadirkan Pemandangan Sangat Indah, Begini Progres Terbarunya

Selasa 22-08-2023,08:00 WIB
Reporter : Lala
Editor : Setya Novanto

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jika jalan tol Probolinggo-Banyuwnagi (Probowangi) sudah jadi bakal menghadirkan pemandangan sangat indah terutama di perbukitan Binor.

Dideretan bukit Binor ini nantinya pengendara jalan tol bisa menikmati pemandangan laut serta kemegahan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton yang juga terbesar di Asia Tenggara.

Pantulan penerangan PLTU Paiton ke laut membuat pengendara jalan tol Probowangi bakal menikmati karena tidak bisa ditemui di tempat lain.

Update terbaru pembangunan jalan tol Probowangi di Bukit Binor terus berprogres. Berdasarkan pantauan terkini channel youtube Teknisi Nomer21, proses pembelahan Bukit Binor di dekat PLTU Paiton menjadi pemandangan yang jelas terlihat dari arah barat.

Bukit Binor menghadirkan tantangan tersendiri karena termasuk dalam kategori "bukit mati" dengan karakteristik formasi batuan yang rumit.

Topografi yang sulit dan berkelok-kelok menjadi tantangan ekstra dalam pelaksanaan proyek pembangunan di area tersebut.

Sejumlah langkah telah terealisasi dalam progres pembangunan jalan tol Probowangi Paket 1 di sekitar wilayah timur Paiton. Tahap permulaan melibatkan pemecahan Bukit Binor dengan alat berat jenis excavator. 

Saat ini, progres pengecoran dan kliring lahan sedang berlangsung di bagian barat Bukit Bionor. Untuk bagian timur bukit belum banyak perkembangan atau belum ada sama sekali progres pengerjaannya. 

Setelah melewati Bukit Binor, di lembah selanjutnya, kemajuan proyek ini terlihat dengan jelas melalui jalur berwarna putih yang menandakan bahwa tahap pembersihan area (clearing) telah berhasil dilaksanakan.

Sementara itu, menuju arah timur untuk melihat kemajuan pengerjaan tol Probolinggo-Banyuwangi di Banyuglugur.

Tahap pengerjaan kliring dan pengupasan tanah lapisan teratas dalam proyek ini tengah berlangsung di sana.  

Setelah proses pembebasan lahan, proyek jalan tol mengalami peningkatan signifikan dalam hal clearing area. 

Namun, perkembangan lebih lanjut masih terbatas pada pembersihan akses jalan dan penebangan beberapa pohon yang strategis untuk kelancaran jalan tol tersebut.

Tahap pembersihan area memiliki peran krusial dalam merancang dan mewujudkan infrastruktur jalan tol yang terintegrasi dengan baik.

Sementara itu, jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) dilakukan melalui dua tahapan. 

Kategori :