Terkesan Sepele, Ini Dia Fakta tentang Vitamin D!

Rabu 21-06-2023,07:05 WIB
Editor : Setya Novanto

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Setiap orang tua tentunya berusaha untuk memenuhi kebutuhan si kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Mulai dari mencukupi asupan gizi, stimulasi, hingga suplemen atau vitamin terbaik diberikan.

Namun, banyak orang tua luput akan pentingnya vitamin yang satu ini, Vitamin D. Padahal Vitamin D sangat dibutuhkan bagi anak-anak dalam menjaga fungsi system kekebalan tubuh, juga membantu penyerapan kalsium dan fosfor bagi kesehatan tulang serta gigi anak.

Tak hanya itu, asupan vitamin D ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan otak. Bahkan dalam Journal of Nutrition pada disebutkan bahwa defisiensi vitamin D pada anak dapat menyebabkan anak berperilaku gelisah dan depresi saat ketika memasuki usia remaja.

Naasnya, penyakit kekurangan vitamin D masih sering terjadi pada anak-anak. Beberapa gejala yang umum dijumpai jika si kecil mengalami defisiensi vitamin D berupa reaksi alergi atau asma, nyeri tulang, keterlambatan pertumbuhan gigi dan perkembangan otak, gangguan pertumbuhan serta rentannya terkena penyakit.

Biasanya defisiensi Vitamin D ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1.Kurangnya terpapar sinar matahari

Beberapa orang tua tentu ada yang memilih untuk menghabiskan waktu di dalam rumah bersama anak, karena malas bersosialisasi di luar rumah atau dikarenakan hal lainnya. Padahal cara paling alami untuk mendapatkan Vitamin D adalah dengan berjemur di pagi hari.

2.Kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D

Beberapa orang tua tidak menyadari pentingnya Vitamin D sehingga tidak mencari tahu makanan apa saja yang mengandung Vitamin D. Selain itu, faktanya tubuh hanya dapat menyerap 20% vitamin D dari sumber makanan.

3.Faktor warna kulit

Penelitian menyebutkan pigmen melanin pada kulit yang lebih gelap mengurangi kemampuan kulit untuk membuat vitamin D dari paparan sinar matahari. Sementara banyak orang tua yang tidak mengetahuinya, sehingga kurangnya kesadaran untuk lebih mencukupi Vitamin D pada anak.

Berikut tips yang dapat orang tua lakukan untuk mencukupi kebutuhan Vitamin D anak.

1.Rutin mengajak si Kecil berjemur

Biasakan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama anak di luar rumah. Seperti bermain sepeda atau hanya dengan berjalan keliling komplek. Lakukan hal tersebut rutin, minimal 2-3 kali seminggu. Pastikan anak tetap mengenakan pakaian lengkap memakai tabir surya dan kaca mata hitam untuk menghindari dampak sinar matahari. Waktu terbaik mengajak anak berjemur adalah sebelum pukul 10 pagi.

2.Perbanyak asupan makanan yang mengandung Vitamin D

Kategori :