JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Kehilangan handphone kerap dikhawatirkan oleh masyarakat seiring berbagai data yang tersimpan di dalamnya, termasuk mobile banking . Saat kehilangan handphone , terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan nasabah untuk mengamankan mobile banking agar rekening tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Berbagai aplikasi perbankan saat ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan agar tidak disalahgunakan oleh orang atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Salah satunya adalah super apps BRImo yang memiliki beragam fitur dan prangkat keamanan. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan Financial Super Apps BRImo telah dilengkapi oleh fitur keamanan yang kuat untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening. Salah satunya adalah adanya pola login dengan menggunakan finger print guna memperkuat keamanan akses BRImo. Namun demikian, nasabah juga memiliki peran penting untuk menjaga rekeningnya apabila menghadapi kejadian kehilangan handphone. Ketika handphone hilang, nasabah diimbau untuk segera melapor melalui Contact BRI yang tersedia 24 jam selama 7 hari di nomor 14017/1500017. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan BRImo oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Langkah antisipasi lain adalah dengan melakukan penggantian password email, social media, dan aplikasi penting lainnya untuk antisipasi kebocoran data pribadi lainnya. “BRI melengkapi layanan dengan call center yang bisa diakses dan dihubungi oleh nasabah kapan saja secara realtime untuk memitigasi berbagai aduan, termasuk mitigasi apabila handphone nasabah hilang. Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang cepat sehingga risiko-risiko seperti saldo dibobol dapat diminimalisir,” terangnya. Layanan Call Center tersebut juga akan membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung/ terinstall di handphone yang hilang. Lebih lanjut, Andrijanto juga menyarankan nasabah untuk tidak mencatat username dan password mobile banking di handphone. BRI juga memiliki asisten virtual berteknologi Artificial Intelligence (AI) “Smart BRI New Assistant” atau “Sabrina”. Adapun Sabrina dari BRI layaknya customer service di mana nasabah bisa menyapa dan mengajak Sabrina berbicara melalui beberapa channel, yaitu Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina bisa diakses melalui akun Bank BRI yang dimiliki nasabah. Andrijanto juga menyampaikan jika nasabah berganti handphone, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama. Termasuk, menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya. Andrijanto mengungkapkan BRI senantiasa menginformasikan seluruh layanan melalui saluran komunikasi resmi (verified/ centang biru) yang dapat diakses nasabah melalui Web: www.bri.co.id , Instagram: @bankbri_id, Twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri, Facebook: Bank BRI, Youtube: Bank BRI, Tiktok: Bank BRI, dan call center BRI 14017/1500017. (van)Ini Tips Amankan Mobile Banking saat HP Hilang Agar Saldo Tetap Aman!
Senin 09-01-2023,13:06 WIB
Reporter : Setya Novanto
Editor : Setya Novanto
Kategori :
Terkait
Kamis 06-02-2025,22:40 WIB
Sepasang Suami Istri Jadi Tersangka Diduga Tipu Artis Bunga Zainal
Kamis 06-02-2025,18:17 WIB
Dua Oknum Honorer Tanjung Jabung Barat Dipolisikan ke Polda Jambi
Rabu 29-01-2025,21:00 WIB
Korban Penipuan Umrah PT HMS Terus Bertambah Jadi 151 Orang
Rabu 22-01-2025,19:28 WIB
BRI Peduli, Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Lampung
Selasa 21-01-2025,08:01 WIB
Ini 5 Komitmen Nyata BRI Dorong Peningkatan Kualitas Dan Daya Saing UMKM
Terpopuler
Jumat 07-02-2025,14:21 WIB
Serikat Pekerja Perkebunan PTPN IV Regional 4 Gelar Apel Akbar Pengamanan Aset di Kebun Bukit Kausar
Kamis 06-02-2025,18:17 WIB
Dua Oknum Honorer Tanjung Jabung Barat Dipolisikan ke Polda Jambi
Kamis 06-02-2025,20:42 WIB
Indra Sjafri Umumkan Pemain untuk Piala Asia U-20 2025, Ini Daftarnya
Kamis 06-02-2025,18:39 WIB
Mendadak Guru Honorer SD di Sungai Penuh Dirumahkan
Jumat 07-02-2025,06:39 WIB
Sengketa Pilkada Bungo, Dedy-Dayat Ajukan 33 Bukti Baru
Terkini
Jumat 07-02-2025,17:08 WIB
KPU Kerinci Tetapkan Monadi-Murison Bupati dan Wakil Bupati Terpilih
Jumat 07-02-2025,17:05 WIB
Pamerkan Potensi Daerah di Kantor Wali Kota, Pj Wali Kota Resmikan Galeri Siginjai
Jumat 07-02-2025,17:01 WIB
Dana BKBK Tahap II 2024 Belum Dicairkan Provinsi
Jumat 07-02-2025,16:24 WIB
Tetap Update dan Terkoneksi Saat di Jalan dengan RoadSync Duo pada Honda CUV e:
Jumat 07-02-2025,16:19 WIB