Pendidikan merupakan pintu bagi pemberantasan ketidaksetaraan, terutama yang telah terjadi di beberapa generasi. Universitas harus ikut serta dalam upaya peningkatan kualitas hidup manusia melalui Pendidikan misalnya dengan menyediakan akses terhadap pendidikan yang inklusif, serta berperan aktif untuk peningkatan kualitas hidup lingkungan sekitar melalui pendidikan.
SDG5: Kesetaraan Gender (Gender Equality)
Perempuan remaja maupun dewasa masih terus mengalami diskriminasi dan kekerasan diberbagai belahan dunia, Kesetaraan gender adalah hak dasar dan merupakan landasan bagi dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Universitas harus secara aktif ikut serta dalam upaya kesetaraan gender dalam hal Pendidikan misalnya dengan menjamin partisipasi mahasiswa perempuan pada kegiatan – kegiatan kampus dan keterwakilan perempuan dalam ruang publik di lingkungan kampus.
SDG6: Air besih dan sanitasi layah (Clean Water and Sanitation)
Air yang bersih dan sanitasi yang layak menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia. Univeristas harus ikut serta dalam upaya menjaga ketersediaan air yang tidak hanya cukup namun juga layak dan berkelanjutan. Sebagai salah satu wujud Tri Dharma perguruan, penelitian dan sosialisasi tentang penggunaan air yang bijak merupakan salah satu indikator yang diukur dalam SDG 5 ini.
SDG7: Energi bersih dan terjangkau (Affordable and Clean Energy)
Selain air dan makanan, energi merupakan salah satu pendukung dalam kehidupan manusia. Kehidupan kampus tentu tidak dapat dilepaskan dari penggunaan energi. SDG ini mengharapkan kampus dapat secara bijak menggunakan energi. Dan mengambil bagian dalam upaya mendukung energi bersih terbarukan baik melalui penelitian, sosialisasi dan perilaku sadar energi dari kampus sendiri.
SDG8: Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economic Growth)
Sebagai upaya pengentasan kemiskinan diseluruh dunia termasuk di lingkungan kampus, SDG 8 ini mengharuskan Universitas untuk ikut serta dalam upaya ini. Sebagai pemberi kerja, universitas harus menjamin tidak ada perbudakan modern dalam segala bentuk di lingkungan universitas. Riset dan inovasi terkait dengan upaya menciptakan kualitas pekerjaan yang baik juga menjadi hal penting yang diukur dalam indikator ini.
SDG9: Industri, inovasi, dan infrastruktur (Industry, Innovation and Infrastructure)
SDG ini mengukur bagaimana universitas telah berperan dalam menggerakkan inovasi dalam hal transportasi, irigasi, energi dan teknologi informasi dan komunikasi melalui keterhubungan dengan sektor industri. Selain itu, untuk mencapai dunia yang sustainable, inovasi ini tidak dapat dilakukan tanpa memberdayakan komunitas lokal.
SDG10: Berkurangnya kesenjangan (Reduced Inequalities)
Universitas harus menjadi pioneer dalam upaya pengurangan kesenjangan baik dalam hal gender, maupun grup – grup minoritas lainnya. Universitas diharuskan untuk melakukan peran aktif dalam memberantas kesenjangan baik dalam hal ekonomi maupun Kesehatan.
SDG11: Kota dan pemukiman yang berkelanjutan (Sustainable Cities and Communities)
Interaksi antara universitas dengan wilayah tempatnya berada haruslah sehat dan bisa bertahan untuk generasi yang akan datang. Dimanapun universitas berada, baik kota maupun desa, kelangsungan untuk generasi yang akan datang harus tetap diprioritaskan. Partisipasi universitas tidak hanya pada sektor lingkungan, tapi juga pada warisan budaya dan sejarah yang sangat kaya di Provinsi Jambi khususnya.
SDG12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (Responsible Consumption and production)