Raih Predikat Leadership AAA, Bukti Implementasi ESG BRI Semakin Terdepan

Selasa 01-11-2022,15:00 WIB
Reporter : Setya Novanto
Editor : Setya Novanto

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID– PT Bank Rakyat Indonesia meraih predikat Leadership AAA (Triple A) pada ajang  ESG Disclos ure  Awards  2022 oleh B Universe dan Bumi Global Karbon (BGK). Pencapaian ini semakin membuktikan BRI sebagai perseroan yang unggul dalam penerapan  E nvironmental  (lingkungan),  S ocial  (sosial) dan  G overnance  (tata kelola yang baik).

Konsistensi dalam penguatan implementasi  ESG  membuat predikat BRI meningkat dari Leadership A pada tahun lalu menjadi Leadership AAA pada tahun ini. Terdapat 33 parameter yang dinilai dalam ajang  ESG Disclos ure  Award  yang  berlandaskan pada studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar pedoman pelaporan  ( S ustainability  R eport ).

Kriteria-kriteria tersebut antara lain mencakup kriteria faktor ESG unggulan dari Pasar Modal The   Nasdaq Helsinki, kerangka kerja dan ketentuan TCFD ( Task Force on Climate-related Financial Disclosures ), serta CDP (Carbon Disclosure Project). Faktor-faktor tersebut akan sangat mempengaruhi  Sustainability Reporting perusahaan dan cara menjaga operasi bisnis yang  sustainable.

Direktur  Kepatuhan  BRI  Ahmad Solichin Lutfiyanto mengungkapkan  bahwa  BRI senantiasa melakukan terobosan untuk mencapai aspirasi Perseroan menjadi “ The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion ”  serta turut  berkontribusi aktif dalam  mendukung  target  Pemerintah, di antaranya  target pencapaian 90% inklusi keuangan Indonesia di tahun 2024,  Tujuan  Pembangunan Berkelanjutan ( Sustainable Development Goals/ SDGs ) Indonesia  di tahun 2030,  serta target penurunan amisi karbon sebesar 31.89% dengan usaha sendiri dan 43.20% dengan dukungan internasional sebagaimana ditetapkan dalam  Enhanced Nationally Determined Contribution  (ENDC) Indonesia.

“Kami sangat  concern  terhadap implementasi ESG, terutama untuk  sustainability  perusahaan  kedepan , sehingga penghargaan yang kami dapatkan ini sangat bermakna sebagai bentuk  acknowledgement  dari  stakeholders  BRI. Penghargaan ini  diapresiasikan untuk  seluruh Insan BRILiaN (pekerja BRI) yang turut serta berupaya bersama  dalam   mendukung penerapan prinsip-prinsip ESG di BRI ,” tuturnya.

Sebagai  First Mover  on  Sustainab le  Banking  di Indonesia, BRI berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat luas dalam penerapan ESG. Salah satunya, BRI menginisiasi program “BRI Menanam” yang diestimasikan dapat menyerap   108.065 ton Co2 pada tahun ke-5 sejak program ini diluncurkan pada Agustus 2022. Angka tersebut berdasarkan proyeksi perhitungan dan asumsi rata-rata daya serap CO2 pohon produktif yang dibagikan dan ditanam dalam program BRI Menanam. Proyeksi penyerapan karbon tersebut juga telah memperhitungkan potensi mortalitas dari bibit pohon yang disalurkan.

Program ini sekaligus memberikan  economic & social values  bagi masyarakat melalui pemberian bibit tanaman produktif. Hingga 2023, BRI akan menyalurkan 1,75 juta bibit pohon  kepada  nasabah pinjaman, khususnya nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

BRI Menanam menjadi salah satu program berkelanjutan sekaligus implementasi dari strategi  role modeling  penerapan ESG  oleh BRI . Melalui program  tersebut , nasabah yang  mendapatkan  kredit KUR ,  selain  akan  melunasi kredit nya , mereka  juga harus berkomitmen untuk merawat pohon  yang bibitnya   di sediakan  BRI secara  gratis .

Sebagai  l embaga keuangan, BRI juga konsisten mendukung pertumbuhan sektor usaha berkelanjutan. Hal ini tercermin dari penyaluran kredit berkelanjutan BRI yang mencapai   657,1 triliun atau setara dengan 65,5% dari total portofolio kredit  BRI  pada  K uartal II-2022.  Disamping itu, s ebanyak Rp 74,7 triliun diantaranya disalurkan kepada pembiayaan hijau.

Dukungan BRI dalam menyalurkan kredit berkelanjutan  k embali dioptimalisasi melalui penerbitan Obligasi Berwawasan Lingkungan  (Green Bond)   Berkelanjutan  I dengan total nilai mencapai Rp . 15 triliun dan dilakukan  secara  bertahap selama 3 tahun. Sebelumnya, bank dengan jaringan terluas di Indonesia ini juga melakukan aksi korporasi penerbitan  S ustainability  B ond   dengan  nilai US$500 juta.

Secara holistik, BRI  telah  menunjukkan keseriusan dalam penerapan tata Kelola  ( governance )   dengan menjadi perusahaan pertama yang menerbitkan  Sustainability Report  sejak 2013. Kemudian, pada 2017 ,  ESG menjadi isu yang dimanifestasikan dalam kebijakan di tataran internal melalui  General Sustainable Finance  dan CPO Policy.

“ Seiring dengan semakin fokusnya Perseroan dalam implementasi ESG,   BRI telah membentuk Divisi ESG dan  ESG Committee   yang bertugas khusus memperkuat implementasi ESG di BRI .   Ini diyakini dapat memperkuat tata kelola ESG di BRI, serta membantu BRI mencapai aspirasi untuk menjadi  World Class Sustainable Banking Group  Focusing on Environmental, Social, and Governance Dimensions ,”  pungkasnya. (van)

Kategori :