Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja di Masa Depan

Jumat 30-09-2022,22:38 WIB
Editor : Dona Piscesika

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bagi kamu yang baru lulus sekolah menengah atas (SMA) atau kejuruan (SMK) ada baiknya selektif dalam memilih program studi dan jurusan ketika kuliah.  

 

Dalam memilih jurusan kuliah tentu saja kamu harus mempertimbangkan sejumlah faktor. 

 

Mulai dari apakah jurusan ini sesuai dengan passionmu hingga seberapa cerah prospek kerja di masa depan.

Berikut 20 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan dunia kerja:

 

1. Jurusan Teknik Informatika

Di jurusan ini, Kamu akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Ke depan Sobat Medcom diharapkan dapat menjadi ahli dalam bidang teknologi. Dengan begitu jurusan ini akan sangat berguna di masa depan.

 

2. Jurusan Teknik Elektro

Perkembangan peradaban manusia membutuhkan tangan-tangan dari lulusan jurusan teknik elektro. Tidak hanya belajar tentang listrik, tetapi juga soal telekomunikasi. Lulusan dari jurusan teknik elektro dapat membantu mengembangkan teknologi internet dan komunikasi agar menjadi lebih baik lagi.

 

3. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Meskipun baru sedikit universitas yang memiliki, jurusan ini akan berperan penting di masa depan.  Sumber daya manusia mulai dibutuhkan dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan.

 

4. Jurusan Teknik Mesin

Tidak hanya soal mesin pada berbagai objek teknologi, Kamu juga akan belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot. Dengan dasar pengetahuan Matematika, Fisika, dan Kimia, Kamu dapat menggunakan pengetahuan tersebut saat masuk ke jurusan ini.

 

5. Jurusan Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Ke depan, lulusan dari jurusan ini akan membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis di Indonesia.

 

6. Jurusan Ilmu Komputer

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga ikut berevolusi. Kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA. 

 

7. Jurusan Sistem Informasi

Agak mirip dengan jurusan ilmu komputer, jurusan sistem informasi akan belajar ilmu komputer, manajemen, dan bisnis untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

 

8. Jurusan Matematika

Apakah Kamu pernah mendengar nama Jerome Polin? Ia seorang mahasiswa dari jurusan matematika di salah satu universitas di Jepang.  Jurusan Matematika merupakan jurusan yang akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya. 

 

9. Jurusan Statistika

Salah satu karier di masa depan yang dicari oleh banyak orang ialah data scientist. Jika Kamu ingin menjadi seorang data scientist, Kamu bisa memilih jurusan statistika saat kuliah nanti. Jurusan Statistika akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data.

 

10. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan ini mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan. Kemampuan menyusun strategi seperti itu juga dibutuhkan di instansi pemerintahan dan swasta.

 

11. Jurusan Manajemen

Dari peminat sosial dan hukum, Kamu dapat memilih jurusan manajemen. Di jurusan ini Kamu akan belajar banyak ilmu pengelolaan bisnis, mulai dari menyusun strategi dan rencana, memasarkan produk, hingga merekrut SDM. Selain itu, mahasiswa Jurusan Manajemen juga akan belajar Ilmu Pengantar Teknologi Informasi yang sesuai dengan perkembangan dunia di masa depan.

 

12. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi mengharuskan mahasiswa untuk terampil dan teliti dalam menghitung serta mengatur keuangan. Di setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang akuntan. Oleh karena itu peluang karier lulusan jurusan ini terbuka lebar.

 

13. Jurusan Marketing

Jika memiliki skill dalam public speaking, Sobat Medcom dapat menggunakannya dalam jurusan ini. Di jurusan marketing, Kamu akan belajar menganalisis pasar, memasarkan produk, menyusun strategi kreatif periklanan, membuat desain iklan, menulis iklan yang menarik, dan lain-lain.

 

14. Jurusan Desain

Saat lulus dari jurusan desain, baik itu jurusan desain komunikasi visual, jurusan desain produk, hingga jurusan desain interior, Kamu  dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Hal ini disebabkan oleh kreativitas dan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi mampu menarik minat masyarakat luas. Tak hanya itu, jika menyukai fesyen, Kamu dapat memilih jurusan desain mode.

 

15. Jurusan Ilmu Komunikasi

Saat memilih jurusan ini, Kamu akan diajarkan tata cara penyampaian pesan yang efektif agar tepat sasaran. Jurusan ini memiliki prospek kerja menjanjikan di masa depan dengan berbagai pilihan karier.

 

16. Jurusan Pendidikan

Peran guru dalam membangun sumber daya manusia di masa depan tidak boleh dianggap remeh. Lulusan dari jurusan pendidikan akan selalu dibutuhkan setiap waktu, dari sekarang hingga di masa depan nanti.

 

17. Jurusan Kedokteran

Sama seperti lulusan jurusan pendidikan, lulusan jurusan kedokteran juga sangat berperan penting dalam kehidupan kita bermasyarakat. Dengan prospek kerja yang menjanjikan dan dibutuhkan sampai kapan pun, membuatnya menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diincar orang.

 

18. Jurusan Keperawatan

Tak hanya jurusan kedokteran, ada juga jurusan keperawatan yang akan mempelajari cara penanganan pasien untuk membantu tugas dokter. Jurusan ini juga tidak kalah penting dari jurusan kedokteran di posisinya dalam dunia kerja.

 

19. Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang mempelajari ilmu tentang peningkatan mutu kesehatan masyarakat serta pencegahan penyakit di tengah masyarakat. Artinya, jurusan ini berbeda dengan kedokteran yang lulusannya akan bertugas menyembuhkan orang sakit.

 

20. Jurusan Farmasi

Lulusan jurusan farmasi akan bekerja di balik layar untuk mengidentifikasi, meracik, hingga menganalisis obat-obatan yang cocok dengan standar kelayakan kesehatan. Lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan guna menyediakan asupan obat yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan orang sakit.

 

Artikel ini telah tayang di disway.id

Dengan judul : Daftar Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja, Masa Depan Dijamin Cerah



Kategori :