JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menuai kepuasan dan loyalitas yang sangat tinggi dari nasabah. Hal ini tercermin dari hasil riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang dipublikasikan belum lama ini.
BRIN mencatat, sebanyak 99% nasabah KUR BRI merasa puas dengan layanan dari bank dengan jejaring terluas di Tanah Air tersebut. Bahkan, 96% responden merekomendasikan orang lain untuk mengakses KUR BRI. Selain itu, sebanyak 93,1% responden nasabah juga berniat mengakses kembali kredit dari BRI jika sudah lunas. Terkait hal ini, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, sejak 2015 perseroan sudah menjadi mitra pemerintah dalam menyalurkan KUR sehingga BRI memiliki data dan pengalaman yang matang. “Data inilah yang mengarahkan kami untuk menyusun strategi penyaluran KUR agar semakin optimal, efektif dan efisien,” kata Supari. Sebagai bank pemberdaya segmen UMKM, BRI selalu mendapat jatah penyaluran KUR terbesar, yakni kurang lebih 70% dari total alokasi secara nasional. Pada 2020, jatah penyaluran BRI mencapai Rp140,2 triliun dengan realisasi Rp138,5 triliun. Kemudian pada 2021, kuota KUR BRI dinaikan menjadi Rp195,6 triliun dengan realisasi penyaluran sebesar Rp194,9 triliun. Adapun pada 2022, kuotanya mencapai Rp260 triliun dengan realisasi penyaluran per Januari hingga Mei 2022 mencapai sebesar Rp104,5 triliun. Supari menjelaskan, keunggulan BRI dalam menyalurkan KUR didukung oleh jaringan yang sangat kuat. Hal ini terbukti melalui riset BRIN bahwa kemudahan akses ke kantor BRI yang inklusif menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan dan loyalitas nasabah KUR pada umumnya. Selain itu, lanjut Supari, strategi digitalisasi BRI melalui konsep “phygital” yang memadupadankan layanan physical dan digital untuk turut mendorong kesuksesan penyaluran KUR. Hasil riset BRIN juga turut memperkuat bahwa kemudahan akses nasabah melalui layanan online banking lebih mudah dan cepat. Dengan demikian, poin tersebut menjadi faktor paling penting terkait kepuasan dan loyalitas nasabah KUR di segmen usaha kecil. BRIN pun mencatat, kemudahan akses nasabah terhadap layanan BRI didukung dengan kapasitas dan kualitas pegawai atau Insan BRILian dalam melayani nasabah. Hal ini pun menjadi faktor paling penting dalam menentukan tingkat kepuasan dan loyalitas nasabah KUR mikro. “BRI akan terus mengupayakan kontribusi nyata kepada masyarakat level mikro dan ultra mikro untuk semakin menjangkau pembiayaan mereka,” lanjut Supari. Tak hanya itu, dalam hasil riset BRIN dinyatakan pula kemudahan akses nasabah terhadap layanan BRI sejalan dengan kemudahan dan kecepatan proses pencairan KUR. Hal ini menjadi faktor yang paling penting dalam menentukan tingkat kepuasan dan loyalitas nasabah KUR super mikro. Ke depan, BRI akan terus memperkuat akses terhadap layanan, kompetensi yang andal, kecepatan proses, serta produk maupun biaya layanan yang terjangkau dalam menyalurkan KUR kepada masyarakat. Keywords: BRI, BBRI, Kredit Usaha Rakyat, KUR, BRIN, Mikro, UMKM99 Persen Nasabah Merasa Puas atas Layanan KUR BRI
Selasa 12-07-2022,17:56 WIB
Editor : novantosetya
Kategori :
Terkait
Rabu 12-02-2025,14:10 WIB
Konsisten Melayani UMKM, BRI Cetak Laba Rp60,64 Triliun
Rabu 05-02-2025,18:30 WIB
Pembiayaan Ultra Mikro Sasar 35.735 Debitur di Jambi
Sabtu 01-02-2025,20:37 WIB
DJPb Jambi 83 Ribu Debitur Serap Dana KUR Rp66 Triliun Selama 2024
Rabu 22-01-2025,19:28 WIB
BRI Peduli, Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Lampung
Selasa 21-01-2025,08:01 WIB
Ini 5 Komitmen Nyata BRI Dorong Peningkatan Kualitas Dan Daya Saing UMKM
Terpopuler
Kamis 27-02-2025,07:09 WIB
BBM Pertalite dan Pertamax di Jambi Aman
Kamis 27-02-2025,08:04 WIB
Tantangan Besar Atasi Banjir Kota Jambi, Revitalisasi Sungai Asam Terganjal Pembebasan Lahan
Kamis 27-02-2025,14:37 WIB
PLH Dirut Pertamina Patra Niaga Pastikan Aman Tak Ada Pertamax Oplosan
Kamis 27-02-2025,07:32 WIB
Trafo Meledak Sebelum Tes CAT PPDB SMAN TT
Kamis 27-02-2025,16:07 WIB
RSUD Raden Mattaher Sebut PT.AJM Dievaluasi Karena Langgar Peraturan Perundang-Undangan Soal Limbah B3
Terkini
Kamis 27-02-2025,21:53 WIB
Buronan Pembunuhan di OKU Timur Ditangkap di Merangin
Kamis 27-02-2025,21:29 WIB
Kejagung Ungkap Modus "Blending" Kasus Tata Kelola Minyak Mentah
Kamis 27-02-2025,21:21 WIB
Pemerintah Dukung Penegakan Hukum Kasus Pertamax Oplosan
Kamis 27-02-2025,21:10 WIB
BKSDA Jambi Terlusuri Keberadaan Harimau di Gunung Raya Kerinci
Kamis 27-02-2025,21:05 WIB