Lakukan Kurasi Produk Unggulan, BRI Hadirkan Kembali UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

Sabtu 04-06-2022,23:11 WIB
Reporter : novantosetya
Editor : novantosetya

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID–   PT Bank Rakyat I ndonesia (Persero) Tbk atau BRI  berkomitmen untuk ter us melakukan pemberdayaan  kepada UMKM untuk  naik kelas. S alah satu p eran nyata dalam upaya tersebut diwujudkan melalui dukungan  BRI  pada  Gerakan N asional Bangga Buatan Indonesia.

Selain itu, untuk  mendukung Presidensi G20, BRI bersinergi dengan Kementerian  Koperasi & UKM  juga  akan  melaksanakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 di salah satu  venue pelaksanaan Presidensi G20 di Th e Apurva Kempinski Hotel, Bali. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keunikan dan  local value  produk UM KM Indonesia kepada m ancanegara,  melalui negara-negar a yang berpartisipasi dalam G20.

Nantinya, diharapkan UMKM ini dapat  go modern, go digital, go online  dan  go global .  Adapun  UMKM Export BRILIANPRENEU R merupakan tahap akhir program, yakni  untuk  go global  men jangkau ke pasar  internasional.  Produk-produk kreatifitas UMKM dari berbagai wilayah Indonesia  tersebut  akan me lalui serangkaian proses kurasi,  mulai dari administrasi, data,  hingga sampel produk.  Proses  kurasi  ini dilakukan oleh  10 orang  ahli dengan  Lea d Curator Diana Naz ir. Kemudian,  kurasi akan ditutup dengan  Video Conference  untuk menetap kan hasil akhir.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan,  kurasi  dilakukan  untuk memastikan kualitas produk dari segi material, originalitas produk, standar  pack aging ,  value added  melalui inovasi, t ekn ik produksi dan dampak sosial. 

“ Sustainability  produk pun menjadi salah satu poin pe nilaian dalam tahap kurasi ini  karena kami berharap produk UMKM harus bertanggung jawab terhadap alam, lingkunga n hidup dan aman un t uk manusia,” kata Amam.

Dengan  o ntentisitas, kualitas dan  kontinyuitas  yang terus terjaga, diharapkan produk UMKM Indonesia dapat memenangkan persaingan global yang semakin ketat  serta mampu  menopang perekonomian nasional,  baik di mas a krisis maupun pasca pandemi.

Diketahui, a nimo UMKM untuk mengikuti  BRI   UMKM E XP O(RT)  BRILIANPRENEUR  yang keempat di  tahun ini lebih tinggi.  Terdapat 1.189 UMKM binaan BRI serta 128 UMKM  merchant terbaik yang telah mendaftar sebagai pes e rta kurasi  BRI   UMKM E XP O(RT)  BRILIANPRENEUR   2022.  Mereka  berasal dari 196  k ota dan k abupaten  dari 31 Provinsi di Indonesia.   “ Hal ini membuktikan bahwa  BRI   UMKM E XP O(RT)  BRILIANPRENEUR 2022  mampu menjadi daya tarik tersendiri ba gi UMKM Nasional,” tambah Amam.

Selain itu ,  terdapat 128 UMKM  merchant  terbaik BRI ya ng akan mengikuti proses kurasi  dan 120 U MKM Unggulan alumni peserta  BRI   UMKM E XP O(RT)  BRILIANPRENEUR  2019, 2020 ,  dan 2021 yang akan diundang ke m bali penjadi peserta.  Untuk penyelenggaraan  tahun i   BRI   UMKM E XP O(RT)  BRILIANPRENEUR   2022  akan dilaksanakan secara  hybrid,  baik  online & offline . 

P ereko nomian nasional yang berangsur pulih,  lanjut Amam, merupakan momentum yang tidak boleh dilewatkan BRI yang  memang memiliki  core business   di  UMKM. Perseroan  siap  memberi panggung kepada UMKM Indonesia agar dapat mempe rluas akses ke pasar domestik dan  internasional  di rangkaian BRI   UMKM E XP O(RT)  BRILIANPRENEUR   20 22.   Melalui  event ini , UMKM yang lolos akan menjadi tolok ukur bagi sesama pelaku usaha untuk dapat terus maju dan bersaing dalam skala domestik dan internasional. (van)

Kategori :