Satu Rumah Rp 10 Juta

Rabu 19-09-2012,00:00 WIB

72 Rumah Bathin III Bakal Dibedah

MUARABUNGO– Tahun 2012 ini, Kecamatan Bathin III mendapat bantuan melalui program Satu Milyar Satu Kecamatan (Samisake). Dalam program tersebut, puluhan rumah warga miskin bakal dibedah dengan alokasi dana Rp 10 juta per rumah.

            Hal ini diungkapkan Fathoni, Camat Bathin III, Selasa (18/09) kemarin. Ia menerangkan, bahwa dari 72 rumah yang bakal dibedah, untuk tahap pertama baru 30 rumah warga miskin yang bisa dibedah.

            “Kita dapat jatah 72 rumah yang akan dibedah. Namun tahap I hanya 30 rumah saja, sedangkan sisanya masih menunggu dana Samisaske,“ ucapnya, seraya mengatakan, dana Samisake yang sudah cair saat ini baru 30 persen.

            Untuk program bedah rumah tersebut¸ Fathoni menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan mobilisasi bahan-bahan material untuk proses bedah rumah warga miskin itu. “Dalam 3 hari ini, bahan-bahan bagunan sudah sampai di rumah yang akan dibedah,” jelasnya.

            Bantuan senilai Rp 10 juta yang diperuntukkan bedah rumah itu dibagi menjadi 2 kategori. Dijelaskannya, 80 persen atau Rp 8 Juta digunakan untuk membeli bahan material¸sedangkan yang 2 persen atau Rp 2 juta lainnya digunakan untuk upah pekerja.

            Ketika disinggung dengan data warga yang mendapat jatah program bedah rumah, dirinya mengatakan, bahwa pihak Kecamatan hanya menjalankan data yang telah disurvey oleh pihak Provinsi tahun 2011 lalu.

            Dari jumlah keseluruhan data itu, lanjutnya, pihak Kecamatan baru menyeleksi ulang mana kondisi rumah yang benar-benar diperioritaskan dalam tahap pertama. “Dari 72 rumah, kita pastikan 30 rumah yang mesti didahulukan,” terangnya.

            Jatah bedah rumah untuk warga miskin di Kecamatan Bathin III tahun 2012 tersebar disemua Desa dan Kelurahan dalam Bathin III. Salah satu titiknya adalah di Kelurahan Taman Agung sebanyak 4 rumah, lalu Desa Manggis 5 Rumah, dan 4 rumah di Kelurahan Sunagi Binjai. 

(via/jenn)

Tags :
Kategori :

Terkait