Butt Bantu Latih Tim Reserves

Selasa 23-10-2012,00:00 WIB

NICKY Butt kembali ke Manchester United. Tetapi, jebolan akademi United seangkatan dengan Paul Scholes, David Beckham, dan Gary Neville, tersebut bukan datang untuk menjadi pemain, melainkan memperkuat jajaran pelatih United.

                Mantan pemain yang mencatat 387 penampilan membela United sebelum pindah ke Newcastle United pada 2004 lalu itu telah memperoleh lisensi pelatih. Makanya, dia bisa membantu pelatih tim Reserves United Warren Joyce, sebelum nantinya meniti karir sendiri.

                \"Nicky akan bekerja dengan tim reserves. Dia telah mendapatkan lisensi pelatih dan hanya butuh tambahan pengalaman bersama kami. Jadi, di sini dia akan mendapatkan segala peluang untuk meniti karir kepelatihan,\" kata Sir Alex Ferguson, manajer United, seperti dikutip Goal.

                \"Dia memiliki beberapa peluang untuk mengambil pekerjaan di tempat lain, tetapi dia memilih kembali mendatangi lokasi latihan kami. Kami senang dengan kehadirannya. Saya tidak tahu untuk jangka panjang atau tidak, apapun dia akan membantu pemain muda kami,\" kata Fergie, sapaan Ferguson.

                Pengalaman Butt sebagai pemain memang akan memberikan wawasan baru buat para pemain muda di tim reserves United. Dia pernah membela United pada 1992-2004 dan merasakan enam gelar Premier League serta satu Liga Champions.

                Setelah keluar dari United, dia pindah ke Newcastle dan bertahan hingga 2010. Setelah karirnya di Inggris mentok, Butt sempat menjajal pengalaman bermain di Asia dengan membela klub Hongkong South China selama satu musim.

                Selain di level klub, Butt juga memiliki pengalaman membela negaranya di dari level junior hingga senior. Selama 1997-2004, dia mencatat caps 39 laga bersama Inggris. Tetapi dia lebih sering menjadi pelapis bagi Steven Gerrard.

                Biar begitu, bagi pemain muda, Butt bisa memberikan pengalaman berharga. Karirnya lebih variatif ketimbang Ryan Giggs atau Scholes yang hanya membela Setan Merah, julukan United, sepanjang karirnya sebagai pemain.

                \"Brilian. Ketika pemain dengan begitu banyak pengalaman kembali. Dia melakukan banyak hal sejak usia yang masih sangat muda. Hebat sekali dia bisa melalui banyak pengalaman dan gaya bermain yang berbeda,\" kata Tom Thorpe, bek muda di tim reserve United.

(ham)

 

 

Tags :
Kategori :

Terkait