Dianggarkan Kembali di 2013

Senin 19-11-2012,00:00 WIB

Untuk Dana Rehab Gedung Juang

MUARA BUNGO – Perhatian pemerintah daerah Bungo terhadap pejuang tampaknya masih tidak maskimal. Salah satu contoh nyata, yakni gedung juang angkatan 45 yang berada di Jalan Veteran atau tepatnya di komplek Taman Puspa Ragam pasar bawah, Muara Bungo.

Kondisi gedung yang berada di sebelah kantor kelurahan tersebut, kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Beberapa atap terlihat jebol, begitu juga dindingya yang terbuat dari kayu terkesan sudah lapuk dan juga tidak terurus. Dari pantauan Koran ini, kondisi gedung selalu terkunci dari luar.

Terkait hal ini, Sekda Kabupaten Bungo, Ridwan Is menyatakan, jika pemerintah daerah katanya pernah menganggarkan untuk rehab gedung tersebut. Namun diakuinya dalam realisasinya tidak jalan.

“Sebenarnya rehab gedung itu sudah pernah kita anggarkan, tapi saya sendiri juga bingung dalam prakteknya entah gimana,” ujarnya.

Dalam tahun anggaran 2012 lalu, pemerintah daerah juga sudah mencadangkan untuk pembangunan gedung tersebut.

Untuk anggaran 2013 nantinya, pemerintah juga bakal menganggarkan kembali, jika memang anggaran dari pusat yang telah diajukan tidak ada.

“Pada dasarnya, pemerintah selalu memperhatikan mengenai veteran ini. Bahkan, bersama DPRD berupaya untuk mencarikan sumber dana dari luar untuk merehab gedung tersebut,” imbuhnya.

Jikapun memang pada akhirnya nanti direhab, katanya pihaknya akan tetap mempertahankan keaslian dari bangunan tersebut. Karena hal tersebut merupakan salah satu bagian dari sejarah.

Pemerintah kabupaten katanya juga tidak pernah melepaskan perhatian terhadap para pejuang tersebut. Komunikasi kepada para veteran selalu dilakukan, sehingga apabila sesuatu harus diambil kebijakan untuk bantuan, Pemkan menyatakan siap.

\"Diwaktu-waktu tertentu, Pak Bupati baik secara pribadi atau kepala pemerintahan kabupaten selalu bertemu dengan para veteran, selalu menjalin silaturahmi. Kalau terpikir untuk mensejahterakan mereka dengan dana APBD pasti ada, tapi kadangkala yang kadang-kadang yang membidangi itu terbatas, insyaallah kedepan akan lebih dipikirkan. Saya juga tertarik dengan Pemkot Jambi. Mereka mencadangkan insentif yang bisa disumbangkan kepada para pejuang veteran,\" ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0416/Bute Jhony Dhamaris melalui Kasdim Mayor Inf Krismawadi menyampaikan,  delapan pejuang veteran yang ada di Bungo saat ini, hanya tiga diantaranya yang berada di kota, kemudian veteran yang lain berada di beberapa dusun seperti Pelayang, Rantau Pandan dan Kuamang Kuning.

(ari/jenn)

 

Tags :
Kategori :

Terkait