Peserta Perkempinas Belajar Membatik

Kamis 22-11-2012,00:00 WIB

Motif Khas Batik Jambi

JAMBI – Sebanyak 29 Provinsi yang mengikuti Perkemahan Putri Nasional (Perkempinas) di Bumi Perkemahan (Buper) Sungai Gelam belajar keterampilan membatik.  Keterampilan membatik ini langsung dipandu oleh Dekranasda Provinsi Jambi. Batik yang di buat oleh peserta adalah motif Durian pecah.

            Neni, Ketua Sanggar Kerja Perkempinas 2012 mengatakan, hasil keterampilan membatik yang di buat oleh peserta boleh di bawa peserta ke Provinsi mereka masing-masing.

            “Keterampilan membatik ini, agar batik Jambi lebih dikenal lagi ditingkat nasional,” tandasnya, saat dikonfirmasi harian ini, Rabu (21/11) kemarin.

            Selain diajarkan membatik, peserta juga diajarkan membuat Sopenir has Jambi, yang dibuat dari sisik Ikan dan batik Perca.

            “Sisik Ikannya dibikin Bros. Sedangkan batik Percanya, dibuat gantungan kunci,” ujarnya.   Kemudian, peserta juga diajarkan keterampilan tentang saka. Dinataranya, Saka Karina Bumi, Saka Bakti Husada, Saka bahari, Saka Jurnalisme Masyrakat, ketahanan diri perempuan.

            Agar materi yang disampaikan memuaskan, panitia sengaja mendatangkan pembicara dari saka Nasional. “Mereka sangat senang dan antusias sekali,” ujarnya lagi. Selain itu, pada hari ini (Rabu, red) peserta kembali diajarkan tentang inspirasi perempuan.

            “Pembicara masih Ibu Rona Mentari,” akunya. Menurutnya, materi inspirasi perempuan ini memang sangat penting, dan banyak pelajaran-pelajaran yang berharga yang didapat oleh peserta, apalagi pemateri yang ditunjuk seorang pemateri muda yang handal.

            Kemudian, dari beberapa materi saka yang dilakukan, materi saka yang paling menarik dan asik bagi peserta adalah,  saka  Dirgantara, peserta diajak membuat pesawat dari Gabus dan kawat.

            “Materi ini mereka sangat senang sekali,” katanya. 

(fth/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait