RSJ Overload

Kamis 22-11-2012,00:00 WIB

Saru Ruangan Diisi 50 Orang

JAMBI –Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi Overload. Sebab, kapasitas RSJ hanya 200 tempat tidur. Namun, hingga hari ini, pasien yang ada tercatat sebanyak 279 orang. Berarti, RSJ overload sebanyak 70 orang lebih.

“Saat ini overload. Satu kamar seharusnya diisi 25-30 orang,” ujar Kepala Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi, dr Hernayawati kepad Wagub Jambi Fachrori Umar yang menggelar inspeksi mendadak ke RSJ, kemarin.

Saat ini, ruangan yang ada di rumah sakit ada yang diisi hampir dua kali lipat dari seharusnya. Satu ruangan bisa diisi sampai dengan 50 orang.

“Pasien hari ini 279 orang, kapasitasnya 200 tempat tidur. Tambah dua ruangan lagi,” ungkapnya.

Rumah sakit jiwa, saat ini terdiri dari 12 ruang rawat inap, ruang rehabilitasi narkoba, ruang ICU atau psikiatri care unit. Sisa ruangan semuanya kelas III. Sebagai antisipasi pasien yang berlebih, tahun ini pihak RSJ menambah dua ruangan rawat inap baru yang sekarang tengah dalam tahap penyelesaian. Selain itu, ada rehab juga ruang laundry, dan ruang rehabilitasi untuk membina ketrampilan pasien.

Kemudian tahun 2013 nanti, Hernayawati mengatakan ada rehab empat ruangan dan selasar, membangun ruang rontgen. Pihak RSJ sendiri, pada RAPBD Provinsi Jambi tahun 2013, mengajukan anggaran senilai Rp 17 miliar untuk seluruh keperluan rumah sakit, termasuk rehab dan pembangunan di dalamnya.

Sementara itu, Wagub Fachrori Umar seusai sidak mengungkapkan bahwa kamar mandi yang ada pada ruangan baru seharusnya dipisah, antara tempat mandi dan buang air besar. Tujuannya supaya pasien yang rawat inap tidak saling tunggu ketika hendak mandi atau buang air besar.

Yang menarik, setelah meninjau bangunan roboh dan ruangan baru di RSJ, ketika wawancara, Fachrori menyebutkan bahwa bangunan pemerintah terkadang kurang kuat.

(fth)

 

Tags :
Kategori :

Terkait