Bertandan 5, Pisang Milik Darmisah Dikerumuni Warga

Jumat 30-11-2012,00:00 WIB

KERINCI- Warga Desa Lubuk Paku Kecamatan Batang Merangin sejak beberapa pekan terakhir ini dihebohkan dengan penomena pisang aneh milik Darmisah (55) warga desa setempat.

                Pasalnya pisang yang tumbuh dibelakang rumah Darmisah ini miliki 5 jantuh dan lima tandan buah, tidak seperti kebanyak pohon pisang yang hanya 1 tandan buah.

                Tidak hanya itu saja, keanehan lain dari pohon pisang tersebut adalah tandannya tidak tumbuh dibagian pucuk melainkan tumbuh dibatang pisang tersebut. Karena keanehan pisang tersebut membuat warga berbondong-bondong datang untuk menyaksikan secara langsung.

Menurut Darmisah, sebelumnya pohon pisang yang dikenal dengan nama pisang dingin oleh warga Kerinci itu tidak memperlihatkan tanda-tanda yang aneh.

Namun selang beberapa waktu belakangan ini, keanehanpun muncul. Tanaman pisang ini tiba-tiba memiliki lima jantung dan lima tandan, anehnya lagi salah satu ujung tandan pisang yang awal menyembul keluar, namun sekarang ujung tandannya masuk kedalam batang pohon pisang.

\"Sebelumnya tidak ada yang aneh saat pertama muncul jantung pisang. Namun beberapa waktu berikutnya semua berubah, saya juga kaget karena tumbuhan pisang saya muncul dengan jumlah tandan yang tidak seperti pohon pisang pada umumnya,\"ungkapnya.

Dikatakannya, keanehan dari tumbuhan pisang miliknya tersebut menyita perhatian umum, bahkan setiap hari pohon pisang tersebut selalu dikunjungi warga. Dia juga mengaku ada salah satu pengunjung yang meminta akar pohon pisangnya, namun tidak ditolaknnya.

“Beberapa waktu lalu ada orang yang datang kesini, meminta akar pohon pisang ini untuk dijadikan obat. Tapi tidak saya kasih, karena tumbuhan pisang ini masih muda takut mati,” terangnya.

Meski terbilang unik dan diminati banyak, namun Darmisah mengaku belum berniat untuk menjual pohon pisang yang saat ini sudah berumur 1, 5 bulan tersebut.

“Pisang ini akan terus kita rawat sampai buah pisangnya menguning,  siapa tahu bisa jadi obat nantinya,” katanya

Sementara itu, Hendra, salah satu pengunjung mengatakan, pihaknya sengaja datang untuk melihat tumbuhan pisang tersebut, karena penasaran setelah mendengar cerita masyarakat banyak.

“Saya penasaran mendengar cerita masyarakat banyak belakangan ini. Makanya kita datang, setelah melihat langsung saya takjub dan heran karena pisang ini memiliki 5 tandan, wajar banyak yang meminatinya,” jelasnya.

(hdi)

Tags :
Kategori :

Terkait