Baru 5 Kecamatan Dapat e-KTP

Sabtu 08-12-2012,00:00 WIB

MUARA BUNGO – Kartu Tanda Penduduk Elektrik (e-KTP) untuk masyarakat Kabupaten Bungo yang telah dicetak oleh pemerintah pusat, sampai saat ini sudah berjumlah lebih dari 29 ribu e-KTP. KTP terbaru itu sementara ini hanya untuk warga di 5 Kecamatan yang ada dalam Kabupaten Bungo.

Menurut Djusri Rami, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bungo, lima kecamatan yang telah mendapatkan e-KTP tersebut adalah Pelepat Ilir sebanyak 17496 e-KTP. Rimbo Tengah sebanyak 4499, Jujuhan baru 2014, Bungo Dani sudah 3000, dan Jujuhan Ilir cuma 1994.

“Yang jelas jumlah keseluruhannya dua puluh sembilan ribu tiga e-KTP,” terangnya kepada harian Bute Ekspres, Jum’at (07/12) kemarin.

E-KTP yang telah dikirim tersebut belum bisa diberikan kepada masyarakat yang berkaitan, pasalnya e-KTP itu harus dicek ulang disetiap kecamatan guna menghidupkan e-KTP yang akan berlaku seumur hidup itu.

Walaupun e-KTP sebagian masyarakat Kabupaten Bungo sudah didistribusikan langsung untuk lima kecamatan, masyarakat juga belum bisa mempergunakannya sampai alat periksa keabsahan yang berguna untuk mengaktifkan kartu identitas kependudukan, hal itu disebabkan alat periksa sedang dalam proses pendaftaran.

“Dalam waktu dekat, e-KTP itu akan diserahkan kepada yang bersangkutan,” ujarnya pula.

Masih dipaparnya, e-KTP untuk Kabupaten Bungo yang telah dicetak semakin membuktikan bahwa Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun menjadi salah satu Kabupaten yang diprioritaskan oleh pemerintah pusat.

Pasalnya, sambung Djusri Ramli, dari beberapa Kabupaten yang serentak dengan Kabupaten Bungo yang menjalankan program rekaman kependudukan nasional tahun 2012, baru kabupaten Bungo yang telah menerima KTP terbaru dengan jumlah yang cukup banyak.

“Kabupaten lain ada yang belum mendapatkan itu (e-KTP, red). Untuk itu, kita harus bangga karena Bungo termasuk skala prioritas,” bebernya kembali.

Disisi lain, Kadis Dukcapil Bungo juga menuturkan bahwa, e-KTP untuk 12 kecamatan lainnya saat ini sedang dalam pengiriman. Pendistribusian e-KTP itu dilakukan pihak pusat secara bertahap melalui jasa kantor pos.

“Dalam waktu dekat, e-KTP Bungo yang sudah dicetak akan sampai di Bungo. Kabar yang kami terima, sebagian e-KTP sudah dikirim lewat kantor pos,” pungkasnya.

(njr/jenn) 

 

Tags :
Kategori :

Terkait