Banjir, Warga Diminta Tidak Mandi Di Sungai

Senin 10-12-2012,00:00 WIB

SAROLANGUN - Memasuki musim penghujan ini, Pemkab Sarolangun berharap kepada masyarakat di Sarolangun yang sangat rentan dengan ancaman banjir –diantaranya Kecamatan Limun, Cermin Nan Gedang, Batang Asai, Air Hitam dan beberapa wilayah lainnya, agar berhati-hati.

            ‘’Selain itu, pemerintah juga berharap masyarakat tidak mengkonsumsi air sungai, karena dianggap sangat tidak baik dampaknya terhadap kesehatan,’’ sebut Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun, H. Adnan HS. MKes.

            Menurutnya, kebiasaan masyarakat yang sering memanfaatkan musim banjir ini untuk mandi ke sungai. Karenanya, hal iniperlu di cegah, sebab dengan menggunakan air sungai beberapa penyakit sudah siap mengancam, seperti penyakit diare dan penyakit kulit (alergi).

            Adnan menghimbau kepada masyarakat Sarolangun agar senantiasa membersihkan perkarangan rumah, terutama selokan-selokan atau tempat genangan air lainnya, supaya tidak menciptakan banjir.

            Diakuinya, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari kecamatan terkait korban bencana banjir di kabupaten sarolangun, ‘’Kami belum menerima laporan dari Puskesmas, adanya masyarakat yang sakit akibat banjir ini. Hanya saja untuk di Kecamatan Air Hitam kemarin sudah ada korban banjir yang meninggal dunia. Untuk itu saya harap masyarakat tetap hati-hati dan tidak mengkonsumsi air sungai,’’ tandas Adnan.

(zha)

Tags :
Kategori :

Terkait