Curat di Bungo Meningkat

Jumat 14-12-2012,00:00 WIB

MUARA BUNGO- Kurun waktu satu tahun terakhir, kasus pencurian dan pemberatan (curat) di lingkup Polres Bungo mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun 2011 curat ini terdapat 118 kasus, sedangkan tahun ini meningkat menjadi 132. Jumlah ini meningkat 14 persen. Hal ini diungkapkan mantan Kapolres Bungo AKBP Budi Wasono, kemarin pagi, saat membacakan laporan kesatuan dalam rangka sertijab Kapolres.

Selain curat, juga terdapat beberapa kasus yang harus diberantas Kapolres Bungi yang baru, yakni kasus jambret dan perampokan yang kian meresahkan masyarakat. Kebanyakan kasus ini belum bisa diungkapkan pelakunya. Sedangkan kasus lainnya tidak terdapat peningkatan, pencurian dengan kekerasan (curas) masih tetap di angka 18 kasus, aniaya dan pemberatan mengalami penurunan dari yang semula berjumlah 63 kasus menjadi 50 kasus.

Kasus curanmor pada tahun 2011 lalu kasus pencurian sepeda motor mencapai angka 109 kasus, namun tahun 2012 ini hanya terdapat 70 kasus. Bagitupun untuk pembunuhan, mengalami penurunan dari tahun 2011 terdapat 2 kasus, tahun 2012 ini menurun 1 kasus.

Dari data tersebut jika dikalkulasikan untuk tahun ini kasus-kasus di Bungo mengalami penurutnan 37 persen, karena perbandingan keseluruhan kasus tahun ini menurun sebesar 272 kasus dari tahun lalu mencapai 309 kasus.

Kapolres Bungo AKBP Adi Affandi mengatakan, pihaknya akan menggelar kasus-kasus yang mencolok tersebut kepada Sat Reskrim Polres Bungo, untuk mendudukan perkaranya, juga akan mengaktifkan lagi patroli rutin.

Ia mengatakan, akan menginventarisir mantan nara pidana yang yang tersandung kasus curat, karena menurutnya mantan-matan napi tersebut sebagian masih mengulangi perbuatannya. Selain itu intel akan memantau terus pelaku-pelaku curat yang belum terungkap. “Banyak program yang akan kita susun kedepan,” katanya.

(sla/jenn)

 

Tags :
Kategori :

Terkait