JAKARTA-Sukses menembus rekor penjualan di atas 400 ribu unit sepanjang 2012 membuat Toyota Indonesia semakin diperhitungkan. Saat ini, Toyota Indonesia di posisi kelima sebagai kontributor terbesar penjualan Toyota global di luar pasar Jepang. Pada tahun lalu, total penjualan Toyota global mencapai 8.717.375 unit.
\"Di luar pasar domestik Jepang, Amerika Serikat, tercatat sebagai pasar terbesar Toyota sepanjang tahun lalu dengan total penjualan 2,067 juta unit,\" ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan kemarin. Penjualan dari pasar domestik Jepang hanya menempati nomor dua dengan 1.692.228 unit, sedangkan sisanya 7.025.147 unit berasal dari penjualan global.
Adapun, posisi ketiga besar disumbang oleh penjualan Toyota di Tiongkok sebanyak 840.467 unit, Thailand 516.086 unit, dan Indonesia menempati posisi kelima dengan penjualan sebanyak 405.414 unit. Sementara itu, Toyota di Arab Saudi terjual 300.595 unit, Australia sebanyak 225.015 unit, Kanada 192.058 unit, India 171.907 unit, Rusia 169.282 unit, dan Taiwan 123.412 unit.
Johny menyebutkan pencapaian yang dicatatkan Toyota Indonesia sepanjang tahun lalu akan membuat posisi Indonesia semakin diperhitungkan di tataran pasar otomotif global. \"Pencapaian gemilang sepanjang tahun lalu semakin bermakna karena posisi Indonesia dianggap semakin penting bagi Toyota global. Sehingga, Toyota Indonesia mendapatkan kepercayaan dari prinsipal Toyota Motor Corporation,\" sebutnya
Jika kepercayaan sudah didapat, menurut Johny, maka Toyota Motor Corporation tidak akan segan-segan menambah produksi di Indonesia. Salah satunya dalam bentuk komitmen investasi hingga Rp 13 triliun dalam lima tahun mendatang. Di masa yang akan datang, dia cukup optimistis untuk terus turut berkontribusi dalam peringkat teratas penjualan Toyota global. \"Pasar otomotif di Indonesia masih sangat besar untuk digarap,\" terangnya
Sepanjang tahun lalu, Toyota berhasil mengakhiri dengan mencatatkan hasil menggembirakan, bahkan mencetak pencapaian rekor terbaru dalam dunia otomotif di Tanah Air. Kendati 2012 tercatat sebagai tahun penuh tantangan bagi industri otomotif nasional, untuk pertama kalinya, Toyota berhasil menembus penjualan di atas 400 ribu unit,\"Kita menguasai pasar dengan market shares 36,3 persen,\" lanjutnya
Pencapaian 2012 mencatatkan pertumbuhan 30,5 persen dibandingkan dengan 2011 sebanyak 310.674 unit. Lebih lanjut, dia menyebutkan hasil gemilang pada 2012 tidak terlepas dari dukungan para pelanggan. Toyota, tuturnya, sangat bersyukur pelanggan merespon dengan positif upaya Toyota untuk menghadirkan layanan dan produk terbaik bagi pelanggan,\"Kita akan terus meluncurkan produk-produk yang sesuai harapan pelanggan,\" katanya.
(wir/kim)