JAKARTA - Untuk menghadapi pemilu 2014, hari ini DPP Partai Amanat Nasional (PAN) meluncurkan sentra layanan media. Fasilitas yang bertempat di kantor DPP PAN Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan itu dimaksudkan agar publik dapat mengakses berbagai informasi terkait kegiatan partai pimpinan Hatta Rajasa itu.
“Sasaran utama kita, bagaimana PAN bisa melayani masyarakat dengan bentuk informasi-informasi cepat, apa saja yang dikerjakan, pikiran-pikiran apa saja yang sedang dipikirkan caleg-caleg PAN,” kata Hatta dalam acara konferensi pers peluncuran sentra layanan media di kantor DPP PAN, Rabu (8/1) malam.
Hatta mengatakan, saat ini citra partai politik telah merosot tajam di mata masyarakat. Penyebab utamanya, lanjut Hatta, adalah minimnya akses masyarakat terhadap informasi mengenai partai.
Karenanya, pusat layanan media diyakini mampu mendongkrak elektabilitas PAN pada pemilu mendatang. Apalagi, sentra layanan media PAN telah memiliki produk andalan berupa portal berita yang diberi nama kabar8.net.
“Dalam konteks pemilu, komunikasi itu sangat penting. Keunggulan adalah dari kecepatan kita mendapatkan informasi. Kekalahan karena ketidak mampuan kita menyerap informasi dan terlambat mendapat informasi,” imbuh Menteri Koordinator Perekonomian ini.
Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Sentra Layanan Media PAN Alfin Lie memaparkan tiga fungsi media center PAN. Pertama, sebagai penghubung antara media massa dengan PAN dan caleg-calegnya. Kemudian, membuat analisa media sebagai masukan bagi partai dalam merumuskan kebijakan.
“Yang terakhir adalah memberikan informasi kepada masyarakat melalui media sosial. Salah satunya melalui situs kabar8.net,” ujar Alfin.
Pusat layanan media PAN juga memiliki fasilitas ruang kerja dilengkapi komputer dan wi fi gratis yang dapat digunakan secara bebas oleh awak media. Tujuannya, untuk memudahkan awak media dalam meliput kegiatan partai.
“Dalam merancang sentra layanan media kami mengedepankan kemudahan untuk mengakses informasi terkait PAN,” tandas Alfin.
(dil/jpnn)