JAKARTA - Penjualan wholesales (pabrik ke diler) Daihatsu selama enam bulan pertama tahun 2014 berhasil mencapai 95.323 unit atau naik delapan persen dibanding periode yang sama 2013 sebanyak 88.446 unit. Sementara retailsales (diler ke konsumen) Daihatsu mencapai 92.682 unit, naik tujuh persen dibanding periode sama tahun lalu yang 86.633 unit.
Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, pada bulan Juni 2014 penjualan mencapai hasil yang menggembirakan.\"Jumlah hari kerja yang lebih banyak dibanding bulan sebelumnya (Mei), membuat penjualan Daihatsu tumbuh lebih baik, terbukti wholesales tumbuh delapan persen dan retailsales tumbuh tujuh persen,\" ujarnya kemarin (7/7).
Kinerja penjualan selama enam bulan pertama 2014 disumbang oleh tiga kontributor utama yakni Gran Max, Ayla dan Xenia. Gran Max mencapai penjualan 33.504 unit atau 35,1 persen yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 26.314 unit (27,6 persen) dan Gran Max Minibus 7.190 unit (7,5 persen).\"Kontributor terbesar kedua adalah Ayla sebanyak 23.573 unit atau porsinya 24,7 persen,\" tambahnya.
Sedangkan mobil serbaguna (multi purpose vehicle/MPV) All New Xenia tercatat sebagai mobil terlaris ketiga Daihatsu dengan meraih 23.467 unit atau berkontribusi 24,6 persen.\"Selanjutnya, SUV (sport utility vehicle) Daihatsu Terios menyumbang 10.227 unit atau 10,7 persen disusul Daihatsu Sirion 2.460 unit atau 2,6 persen dan New Luxio 2.092 unit atau 2,2 persen,\" tambahnya.
Sementara retailsales Daihatsu Januari-Juni 2014 mencapai 92.682 unit atau meningkat 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2013 sebesar 86.633 unit. Dengan begitu tidak banyak perbedaan dengan kinerja penjualan wholesales.\"Perincian retailsales tidak berbeda jauh dengan wholesales, dengan penopang utama Gran Max, Xenia dan Ayla,\" tukasnya.
Gran Max terjual 32.202 unit atau 34,7 persen yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 24.855 unit atau 26,8 persen dan Gran Max Minibus 7.347 unit atau 7,9 persen.\"Disusul MPV All New Xenia sebanyak 24.360 unit atau 26,3 persen dengan menempati posisi kedua terlaris dan Astra Daihatsu Ayla di posisi ketiga berkontribusi 21.924 unit atau 23,7 persen,\" tandasnya.
Sementara produk Daihatsu lainnya yaitu Terios menyumbang 10.319 unit atau 11,1 persen, New Luxio 2.130 unit atau 2,3 persen dan Sirion sebanyak 1.747 unit atau 1,9 persen.\"Kami optimis pada paruh kedua 2014, penjualan Daihatsu akan terus tumbuh sesuai keinginan pasar. Kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan penjualan dan purna jual termasuk penambahan jumlah outlet,\" jelasnya.
(wir)