Tranformasi Organiasi Perguruan Tinggi Untuk Berkemajemukan dan Berkeadaban Menghadapi Kompetisi Glo

Senin 29-12-2014,00:00 WIB
Oleh:

Setiap pimpinan dan civitas akademika harus mempunyai komitmen terhadap target mutu, ketepatan waktu, dan efektivitas program. Kedua, orientasi proses akademik, kampus sebagai tempat berlangsungnya proses akademik wajib menjadikan proses ilmiah sebagai tradisi dalam setiap denyut nadi gerakannya, menjadikan berfikir ilmiah sebagai tradisi dalam menilai, menetapkan keputusan dan mengambil sikap adalah cara cerdas yang tidak bisa ditunda lagi.

Dipastikan Perguruan Tinggi tersebut akan ditinggalkan oleh mesin kemajuan bila tidak bisa keluar dari kotak-kotak kecil, kepentingan dan interes jangka pandek dan bentuk berfikir sempit lainnya dan apalagi kalau mengurung diri dalam menara gading saja.

Ukuran transformasi ilmiah berjalan disuatu kampus dapat dilihat tradisi ilmiah, karya ilmiah, perbedaan pendapat yang didasari kerangka berfikir ilmiah dan kekayaan ilmiah menjadi semarak dan menjadi warna kehidupan kampus itu dan hidupnya atmosfir budaya akademik di kampus melalui pelayanan bermutu dan kepuasan stakeholders.

Ketiga, dukungan infrastruktur. Kecukupan sarana pendukung, seperti sarana ruang belajar yang baik dan nyaman, kantor yang representative,  ruang terbuka untuk aktivitas mahasiswa dan sarana pendukung kampus lainya  seperti internet, labor, radio komunitas, dan kelengkapan sarana transportasi adalah satu kemestian yang tak dapat ditawar lagi yang harus segara diadakan untuk menuju transformasi kampus yang bergensi dan dihargai.

Keempat, kemampuan untuk menerapkan management best practice dalam pengelolaan dan pengembangan perguruan tinggi.

Pentingnya Pengembangan Sistem Manajemen ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi sebagai berikut. Pertama membuat sistem kerja dalam kampus menjadi standar kerja yang terdokumentasi dan mempunyai aturan kerja yang baik sehingga memudahkan pengendalian.

Kedua menjamin bahwa proses yang dilaksanakan sesuai dengan sistem manajemen mutu yang ditetapkan. Ketiga  akan memudahkan Pimpinan dalam pencapaian target/sasaran mutu karena sudah dipersiapkannya target/sasaran mutu yang terukur dan rencana pencapaiannya.

Keeampat meningkatkan semangat dan kinerja pimpinan, para dosen dan karyawan serta mahasiswa karena adanya kejelasan tugas dan wewenang (job description). Kelima mengarahkan dosen, karyawan dan mahasiswa agar berwawasan mutu dalam memenuhi permintaan pelanggan, baik internal maupun eksternal.

Keenam untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, efektifitas operasional dan mengurangi biaya yang ditimbulkan karena pelayanan yang tidak sesuai. Ketujuh nilai kompetisi dan image positive dari Perguruan Tinggi baik sebagai lembaga pendidikan yang reputable maupun sebagai mitra kerjasama yang potensial dan strategis.

            Pilihan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ISO 9001:2008 sebagai alat bantu dalam proses pengelolaan organisasi sebagai pondasi dari sistem manajemen mutu serta mudah dalam pengembangan dan implementasinya. Sistem ISO 9001:2008 sudah teruji di berbagai Perguruan Tinggi yang bermutu.

Transformasi pemenuhan standar mutu perguruan tinggi menjadi syarat mutlak bagi IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi  untuk melakukan transformasi menjadi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang sedang sama-sama kita perjuangkan.

Tranformasi Perguruan Tinggi merupakan pilihan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk meningkatkan mutu layanan proses tridharma perguruan tinggi, maka dibutuhkan 3C sebagai Key Success Factor yaitu Commitment dan kesedaran mutu yang Tinggi, Communication yang Efektif, serta Coordination yang Baik dari seluruh pihak yang terkait mulai dari pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa serta stakeholder.

            Jika IAIN STS Jambi dapat konsisten dan istiqamah menjalankan sistem yang sudah disepakati maka dapat dipastikan IAIN STS Jambi menjadi Perguruan Tinggi berkemajuan dan berkeadaban dalam menghadapi kompetisi global.

(*Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN STS Jambi dan diisampaikan pada Wisuda ke-48 dan Diesnatalis ke-47 IAIN STS Jambi)

 

Tags :
Kategori :

Terkait