Hadirkan Surga bagi Penggila Belanja

Selasa 24-03-2015,00:00 WIB

KUALA LUMPUR - Menyadari bahwa negaranya tak seindah alam Indonesia, Malaysia cukup cerdas menciptakan momen penting untuk menarik minat wisatawan asal Indonesia berkunjung ke negara mereka, salah satunya menciptakan sorga bagi penggila shopping.  Sektor belanja merupakan penyumbang utama atas pendapatan negara dari sektor pariwisata. Dari pendapatan RM 72 Juta  pada tahun 2014, 30 persen diantaranya atau 21,6 Juta disumbangkan dari transaksi belanja para wisatawan.

“Shopping menjadi penyumbang kedua atas pendapatan dari sektor pariwisata Malaysia setelah penginapan,” ujar Datuk DR Ong Hong Peng, Ketua Setiausaha Kementrian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia kepada Jambi Ekspres.

Apa yang dikatakan Datuk Ong, seiring pula dengan realisasi di lapangan, berkesempatan mengunjungi langsung pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur dan Melaka, Malaysia dipandang langsung dengan mata telanjang, memang sudah sangat matang menyiapkan destinasi belanja bagi pengunjungnya. Mall-mall modern yang menawarkan produk brand ternama kelas dunia, bisa ditemukan dimana-mana, bahkan untuk wilayah sekelas provinsi pun, memiliki mall serupa dengan ibukota negara. Semakin menarik, semua produk bisa diperoleh dengan harga lebih murah ketimbang membeli produk serupa di mall yang ada di Indonesia.

 Datuk Ong menyebutkan, gaya shopping orang dulu telah berubah di era sekarang, kini shopping telah berubah pada arah konsep gaya hidup thematic dan expreriental. “Karena itu melalui Tourism Malaysia, mempromosikan tema Experiental Shopping, menampilkan berbagai pengalaman menarik shopping di Malaysia,” lanjutnya.

Tak heran pula, mengapa media internasional sekelas CNN, telah menamakan Kuala Lumpur sebagai salah satu destinasi shopping terkemuka di dunia. Malaysia dianggap sebagai kota shopping terkemuka dunia setelah Ney York, Tokyo dan London. Sementara di Asia, Globe Shopper Index menjadikan Malaysia sebagai negara nomer dua terbaik Asia Tenggara untuk urusan shopping.

Saat kunjungan di Kuala Lumpur, Jambi Ekspres juga berkesempatan menghadiri Shoe Festival, sebuah event tahunan yang sengaja digelar untuk mendukung Formula One Petronas Malaysia Grand Prix 2015 yang akan berlangsung 27-29 Maret ini.  Malaysia memang semakin cerdas untuk urusan menarik minat wisatawan, dan kita Indonesia termasuk Jambi, wajib belajar dari strategi mereka yang semakin modern dan berkarakter.

(dpc)

Tags :
Kategori :

Terkait