SHARP Raih ICSA 2015

Sabtu 14-11-2015,00:00 WIB

Selama Sembilan

Tahun Berturut-turut

 

JAMBI-Komitmen PT Sharp  Electronics Indonesia (SEID) dalam memberikan layanan purna jual kepada para konsumen setianya kembali mendulang penghargaan. Dalam survei Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) yang dilaksanakan tahun ini, Sharp kembali dinobatkan sebagai merek elektronik terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Lemari Es.

                Dengan dicapainya lagi prestasi ini, maka Sharp  menjadi merek elektronik yang berhasil meraih penghargaan ini selama sembilan tahun berturut-turut. ”Menciptakan produk-produk dengan teknologi terdepan merupakan impian seluruh pemain di industri elektronik. Namun, tak banyak yang mampu mempertahankan komitmennya untuk terus mendampingi konsumen Indonesia melalui pelayanan purnajual yang paripurna. Di tengah persaingan yang kian sengit, SHARP adalah satu-satunya merek elektronik yang berhasil menjaga kepercayaan konsumen berkat konsistensinya dalam mengembangkan pelayanan ini. Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh konsumen, rekan-rekan media, serta para partner karena berkat dukungan merekalah kami dapat melangkah sejauh ini,” tutur Haruhiko Sano, General Manager Brand Strategy Group Division SEID, usai menerima penghargaan pada 12 November 2015 di Jakarta.

 

                Ditahun 2015, produk lemari es milik Sharp  meraih Total Satisfaction Score (TTS) sebesar 3,941. Angka ini diperoleh berdasarkan empat parameter tingkat kepuasan yang telah diukur dengan metode weighted mean (rata-rata terbobot).  Ke empat parameter tersebut adalah kepuasan terhadap kualitas produk/jasa (Quality Satisfaction Score), kepuasan terhadap harga yang mereka bayar (Value Satisfaction Score), keyakinan pelanggan bahwa merek yang mereka gunakan adalah merek terbaik (Perceived Best), dan harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan di masa mendatang (Expectation Score).

 

                Penilaian tersebut bukanlah tanpa alasan, selain kualitas produk yang selalu terjaga, alasan lainnya pelanggan tetap yakin dan puas untuk terus menggunakan produk lemari es Sharp adalah karena luasnya jaringan purna jual yang merupakan salah satu inovasi SHARP yang tak dimiliki oleh merek lain. Hingga kini, SEID memiliki titik layanan servis yang jumlahnya jauh melampaui merek-merek lain, yaitu sebanyak 382 titik termasuk 140 unit armada mobil dan 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), armada servis keliling SHARP yang telah menjangkau lebih dari seratus kota di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan dengan total jarak tempuh 150 ribu kilometer sejak diluncurkan pada tahun 2011 lalu. Inovasi ini didorong oleh keinginan SHARP untuk terus meningkatkan kualitas hidup seluruh konsumen Indonesia yang kini kian cerdas dan senantiasa mencari nilai lebih dari produk yang mereka beli, seperti rasa aman akan layanan purna jual serta beragam kemudahan untuk mendapatkan informasi seputar produk.

 

Untuk melengkapi komitmen ini, pada Juni 2015 lalu SEID meluncurkan layanan servis terbaru berupa armada truk SMSS guna menjangkau seluruh konsumen setia SHARP hingga pelosok negeri. Diluncurkannya armada ini merupakan salah satu strategi kepuasan pelanggan SEID di tahun fiskal 2015 sekaligus untuk melengkapi jajaran unit yang telah beroperasi. Dengan tampilan yang lebih kompak, tangguh, dan lincah, armada servis truk terbaru dari SEID ini dapat lebih mudah menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia yang akses jalannya masih cukup sulit dilalui. Hingga akhir tahun 2015 nanti, SEID pun menargetkan untuk berkunjung ke 15 kota di Indonesia dan memberikan lebih dari 500 layanan konsumen seperti konsultasi, perawatan, ataupun perbaikan unit.

 

Demi lengkapnya kenyamanan para pelanggan, Juni lalu SEID pun merilis fitur terbaru dari SHARP CS Mobile Applications yang dapat diakses di mana saja melalui ponsel, yaitu layanan permintaan servis di rumah pelanggan. Melalui fitur aplikasi ini, konsumen yang tak sempat menghubungi customer service SHARP melalui telepon dapat langsung melakukan permintaan servis di rumah hanya dengan sekali klik saja. Selain permintaan servis, SHARP CS Mobile Apps ini juga dilengkapi dengan layanan registrasi produk garansi, pencarian lokasi servis terdekat dengan teknologi Augmented Reality yang canggih, serta live chat dengan CS officer SHARP yang siap memberikan layanan terbaik di mana pun konsumen berada.

 

Atas komitmennya terhadap layanan pelanggan ini, SEID berhasil meraih berbagai penghargaan seperti Global Customer Satisfaction Standards (GCSS), Service Quality Award, dan Contact Center Service Excellent Award. Pada tahun 2012, SEID juga memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia. Sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan, SEID menerapkan kebijakan 5-1 Service Activities, yaitu 1 jam respon, 1 minggu penyelesaian, 1 tahun nonstop pelayanan Customer Care Center, 1 hari kunjungan, serta jaringan servis nomor 1 di Indonesia.

Tags :
Kategori :

Terkait