Hutan Berkurang, Konflik Meningkat, Jumlah Tambang Illegal Naik 100 Persen

Rabu 20-12-2017,00:00 WIB

Ia mengatakan, dari 2,1 juta luas hutan Jambi,  jika masih sekitar 93 ribu ha diperkirakan tutupan hutan sekitar 45 persen.

Terkait dengan alih fungsi lahan dari kawasan hutan menjadi Kawasan Industri Irmansyah mengangkut sejak tahun 2014 lalu Dinas Kehutanan Provinsi Jambi tidak lagi memberi rekomendasi untuk pengelolaan hutan sebagai lokasi industri.

\"Izinya di pusat. Dan kita sudah membatasi rekomendasi perizinan sejak tahun 2014 lalu,\" katanya.

Sementara itu terkait pengelolaan hutan sosial sesuai dengan program pusat di Jambi telah dilakukan di beberapa daerah dan jumlah lahan yang dikenal sekitar 360 ribu ha hektar.

\"Itu hutan yang belum dikelola dan diberikan untuk pengelolahan sosial,\" katanya.

Terkait konflik sosial antara masyarakat dengan pemegang dikawasan HTI, dalam penanganannya difasilitasi oleh pemerintah, melalui program perhutanan sosial  dengan sistem kemitraan.

Ia mengatakan di tahun 2017 ini sudah ada penyelesaian beberapa konflik sosial antara masyarakat dengan pemegang izin kawasan HTI. Salah satunya di PT Wana Perintis dengan SAD.

\"Kalau di HGU bukan wewenag dari Dinas Kehutanan,\" katanya.

          Sementara itu, Polda Jambi dan jajarannya terus melakukan pengungkapan, pemberantasan dan pencegahan terhadap aktivitas PETI yang berada di Kabupaten Merangin, Bungo, Tebo dan Sarolangun.

          Dari data yang dihimpun, selama 2016 Polda Jambi mengungkap 18 kasus dengan 21 orang tersangka. Barang bukti yang disita yakni 37,63 Kg emas ilegal serta 7,96 Kg perak.

          Komitmen pemberantasan PETI ini terus berlanjut ke 2017. Bahkan, sudah ratusan dompeng yang dibakar petugas. Namun, sayangnya para pelaku banyak yang berhasil kabur sebelum petugas sampai di lokasi.

          Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi, mengatakan, pihaknya terus melakukan pemberantasan terhadap PETI.

          “Ini juga merupakan atensi dari pimpinan,” jelasnya.

Data yang dihimpun harian ini, beberapa pelaku PETI yang diamankan di Kabupaten Merangin ada 5 orang, Sarolangun 6 dan di Kabupaten Tebo 1 orang. Untuk barang bukti emas yang disita 2,046 Kg.

(nur/pds)

Tags :
Kategori :

Terkait