Semua Pihak Dukung KI Kemingking

Senin 22-02-2021,00:00 WIB

Pemda Lakukan Percepatan Penyesuaian RTRW

JAMBI - Pemerintah daerah di Provinsi Jambi berkomitmen mendukung penuh Kawasan Industri (KI) Kemingking yang akan menjadi penopang perekonomian Jambi dalam waktu dekat. Komitmen itu ditunjukkan dengan sinergi percepatan pembahasan penyelesaian izin Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) daerah sebagai langkah lanjutan Peraturan Presiden yang sudah dikantongi.

 Pj Gubernur Jambi Dr.Hari Nur Cahya Murni, M.Si Saat Memberikan Arahan

Pada Sabtu (21/2) dilakukan koordinasi antara PT Jambi Kemingking Ecopark (JKE), Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan juga Komisi III DPRD Provinsi Jambi. Langkah percepatan ini dilakukan di KI Kemingking, Kabupaten Muaro Jambi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si menekankan dari pembahasan ini semua pihak mendukung disertai dengan beberapa catatan yang diharapkan dapat diselesaikan segera.

Hari mengatakan jika berbicara hirarki peraturan perundang-undangan yakni Perpres nomor 18 tahun 2020 dan juga telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 semua sudah satu jalur memajukan KI Kemingking.

Direktur Utama PT JKE Ir. Chairil Guo mempresentasikan KI Prioritas Nasional Kemingking - Jambi Integrated City (JIC)

Atas dasar sisi hirarki Perpres yang lebih tinggi, maka RPJMD provinsi dan kabupaten nantinya semua akan dibangun dengan peraturan daerah yang mengikuti pusat. Nantinya ini berguna sebagai landasan kelanjutan pembangunan KI.

\"Kami akan pelajari cepat harapan ketua komisi III (bidang Pembangunan) DPRD Provinsi Jambi sepanjang tak melanggar perundang-undangan, apakah di UUJK dan Peraturan Pemerintah (PP) membolehkan terlebih dahulu (dijalankan pembangunan) sambil menunggu Peninjauan Kembali (PK). Hal ini karena dari kendala RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil provinsi jambi ada masuk RTRW,\" sebutnya saat memberikan penjelasan di Kemingking.

 Peta Kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi Yang Tak Termasuk ke dalam KI Prioritas Nasional Kemingking

Dikatakan Hari dari pedoman RZWP3K ini kelanjutan pembangunan KI di Kemingking tak ada kendala dari kecepatan waktu. \"Kita akan lihat apa ada peluang (pembangunan) sambil menunggu, nanti kalau betul tak ada kendala, akan ada ribuan tenaga kerja yang akan masuk penyerapan tenaga kerja kawasan ini,\" tegasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait