Subur dan Mudah Dikembangbiakkan, Bunga Pukul Empat Miliki Segudang Manfaat

Senin 14-06-2021,00:00 WIB

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Siapa yang tak kenal tanaman hias satu ini. Selain keindahan bunganya, tanaman ini punya keunikan tersendiri dibanding tanaman hias lainnya.

Bunga dengan nama latin Mirabilis Jalapa ini hanya mekar pada sore hari yaitu sekitar pukul empat sore sehingga oleh masyarakat tanaman ini digunakan sebagai tanda masuknya waktu ashar. Kemudian, pada pagi hari, saat matahari mulai meninggi, bunga ini pun akan kuncup.

Menurut buku Gembong Tjitrosoepomo yang berjudul Taknsonomi Tumbuhan Spermatophyta, bunga pukul empat termasuk golongan bunga tunggal, terletak di ujung batang atau flos terminalis, serta mempunyai daun pelindung yang saling menyatu.

Bunga ini termasuk ke dalam bunga banci aktinomorf atau sedikit zigomorf. Bunga berbentuk segitiga seperti terompet dengan bagian ujung bertaju lima, benang sari pipih berjumlah 1-10, tersusun dalam dua lingkaran.

Biji mempunyai serbuk sari spheroidal, berukuran 125- 140 μm, pori-pori dengan ukuran melingkar ± 5 µm. Exine 10-15 µm tebal, spinulose; tinggi duri 0,5-1 µm (Prammanick, 2015).

 

Tanaman bunga Mirabilis jalapa juga populer dengan sebutan kembang pukul empat, pukul ampa (Minahasa), kembang asar (Lampung), kupa oras (Ambon), noja (Bali) dan cako rana (Ternate). Dalam bahasa asing disebut four o’clock plant atau four o’clock flower (Inggris).

Tanaman ini juga disebut gul adnan (Urdu), laleh abbasi (Persia), oshiroi-bana (Jepang), nachtschone (Belanda), purple jasmine (Hong Kong), bella di notte (Italia) atau Belle de nuit (Prancis) yang artinya “beauty of the night”.

Di Indonesia, tanaman ini bisa tumbuh subur di hampir semua wilayah di nusantara. Bahkan, tanaman ini banyak tumbuh liar di sejumlah lokasi. Tanpa perhatian khusus, tanaman ini bisa tumbuh subur dan berbunga lebat.

Manfaat Bunga Pukul EmpatBunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.) merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Hampir dari seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, terutama dalam bidang kesehatan. Salah satunya dapat digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Misalkan, biji bunga pukul empat dapat dijadikan masker alami untuk mengatasi masalah jerawat (Ayuni, Lestari, Mulyanti, 2015).

Berikut sejumlah manfaat bunga pukul empat:

-Ovisida Aedes AegyptiEkstrak daun Mirabilis jalapa dapat digunakan sebagai ovisida nyamuk Aedes aegypti. Senyawa yang terkandung dalam ekstrak daun ini dapat melemahkan daya tetas telur, mengganggu struktur korion telur, merusak fluiditas membran sel, dan memengaruhi perkembangan embrio telur nyamuk Aedes aegypti (Oktafiana, 2018).

-Mengatasi MaagBunga ini juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi penyakit tukak lambung atau maag. Senyawa aktif dalam kandungan bunga ini berkhasiat mengatasi luka atau radang pada lambung.



-Mengatasi KeputihanKandungan senyawa aktifnya serta baunya yang harum membuat bunga sore hari ini telah lama dimanfaatkan untuk meredakan dan mengatasi keputihan pada wanita. Bunga ini juga baik untuk menjaga organ kewanitaan.

-Menangkal KankerSifat antioksidan senyawa dalam Mirabilis jalapa berkhasiat menangkal radikal bebas dan mengatasi kanker. Rebus saja beberapa kuntum bunga herbal ini lalu saring dan minum airnya.

Tags :
Kategori :

Terkait