Unja Terima 3.497 Maru dari Jalur SBMPTN

Selasa 15-06-2021,00:00 WIB

JAMBI – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 telah dilaksanakan sejak bulan April lalu. Dari jalur ini Unja memastikan menerima Mahasiswa Baru (Maru) sebanyak 3.497 dari 17.421 peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Kompeter (UTBK) lalu.

Pengumuman kelulusan calon Maru Unja dari jalur SBMPTN ini dilaksanakan pada Senin (14/6) mulia pukul 15.00 WIB. Oleh karena itu, bagi calon Maru Universitas Jambi yang dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN ini, agar dapat segera melakukan registrasi secara online melalui website ltmpt.ac.id atau web Unja bagi yang datang langsung ke Unja.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Kamid, M.Si mengatakan, penerimaan Maru melalui jalur SBMPTN ini telah dilakukan melalui ujian berbasis komputer. Pada dasarnya masih ada slot kosong sebanyak 74 kursi dari jalur ini, karena Unja menyediakan kuota kuota sebanyak 3.571. \"Untuk yang tidak terisi ini akan dimasukkan pada jalur SMMPTN atau jalur Mandiri yang pendaftarannya sudah mulai dilaksanakan Unja, sejak minggu lalu,\" katanya.

Maru yang lulus dari jalur SBMPTN ini bukan hanya berasal dari Jambi saja, tetapi juga berasal dari seluruh Indonesia yang bebas memilih perguruan tinggi yang diinginkan. Apalagi kuota penerimaan Maru dari jalur ini terbilang paling besar, yaitu sebesar 45 persen dati total penerimaan mahasiswa baru Unja tahun 2021 sebanyak 8.000 an mahasiswa.

Selain melakukan registrasi, calon Maru yang dinyatakan lulus juga harus menyiapkan kelengkapan berkas, serta ada beberapa tes kesehatan juga yang harus dijalani oleh calon Maru untuk beberapa fakultas tertentu, seperti tes kesehatan, buta warna, psikomotorik dan tes wawancara. \"Untuk jadwalnya menyusul, setelah calon Maru melakukan registrasi dan melengkapi berkas,\" ujar Kamid. (kar)

Tags :
Kategori :

Terkait