Peserta KKN IAI Nusantara Batanghari di Desa Singkawang Gelar Penyuluhan Hukum dan Isbat Nikah

Selasa 25-01-2022,00:00 WIB

MUARABULIAN - Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum kepada masyarakat Desa Singkawang Kecamatan Bajubang. Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari memberikan penyuluhan hukum dan sosialisasi tentang Isbat Nikah. Selasa (25/01).

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Badan Pemusyarwatan Desa (BPD) Singkawang, dihadiri langsung oleh perangkat desa, Imam masjid, para ketua RW,RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Penyuluhan hukum dan Isbat Nikah tersebut langsung di hadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian Bapak H.Ahmad Mus\'id Yahya qadir LC.,MHI. Kegiatan ini bertujuan mengingat masih adanya pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah dengan berbagai alasan maka kegiatan ini di rasa penting untuk di laksanakan.

\"Sosialisasi ini mengingat bahwa masih banyaknya dikalangan masyarakat saat ini pasang suami istri yang belum memiliki buku nikah, dan ini dirasa sangat penting disadari oleh masyarakat,\"ungkap Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian H.Ahmad.

Tidak hanya itu kegiatan ini juga menyelaraskan Program Pemerintah Kabupaten Batanghari yakni Isbat Nikah Terpadu. Dengan tujuan agar masyarakat Desa Singkawang mendapatkan akses informasi mengenai program tersebut.

\"Dengan terlaksananya kegiatan ini di harapkan warga dapat teredukasi dan memahami alur-alur dalam pengajuan isbat nikah.\"tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes) Singkawang Ahmad Syahroni menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Khususnya Masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih lagi banyaknya masyarakat yang belum memahami prosedur Isbat Nikah tersebut.

\"Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi kegiatan adik - adik Kukerta dari Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, apalagi kegiatan ini langsung di isi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian, dengan adanya kegiatan ini masyarakat jadi mengetahui prosedur Isbat Nikah,\"Kata Ahmad Syahroni Sekretaris Desa Singkawang.

Terpisah Ketua Panitia Pelaksana Novialdi saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Program Kerja (Proker) Peserta KKN Institut Agama Islam Nusantara Batanghari di Desa Singkawang. Diharapkannya melalui kegiatan ini masyarakat bisa mendapatkan edukasi mengenai Isbat Nikah.

\"Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, tentunya banyak ilmu yang dapat diserap melalui penyuluhan dan sosialisasi ini, semoga apa yang kami laksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,\"pungkasnya.(rza)

Tags :
Kategori :

Terkait