DISWAY: Mati Hidup

Kamis 10-03-2022,00:00 WIB

Yang satu diem kalau lagi di charge yang lainnya meronta-ronta kalau lagi di charge

 

rey hanno

Minyak goreng memang untuk digoreng. Ibu-ibu menggorengnya di dapur. Bapak-bapak menggorengnya di WA dan kedai kopi. Anak milenial menggorengnya di medsos. Pengusaha menggorengnya dalam gudang. Lalu kenapa mesti ribut. Memang dipakai untuk menggoreng. Bukan dipakai untuk minyak kendaraan politik.

 

Muhammad Nasrulloh

Abah. Saya punya usul. Semoga bisa direnungkan.  Begini; Anak muda seperti saya ini suka mendengar pengalaman dari orang yang lebih tua. Khususnya orang-orang yang sarat pengalaman seperti Abah. Saya lihat YouTube Abah begitu-begitu aja. Seperti perlu inovasi  Usul saya; coba yang menjadi tamu ya Abah sendiri. Yang tanya mungkin bisa Mas Azrul atau yang lain. Saya juga boleh. Hehe. Orang ke channel YouTube Abah ingin mendengar pengalaman dan cerita berikut pola pikir seorang Dahlan Iskan. Bagaimana kalau tema videonya membahas pengalaman Abah selama di Jawa pos, jatuh bangunnya bagaimana. Di PLN menjadi Dirut yang fenomenal. Di BUMN menjadi menteri. Menjadi manager Persebaya hingga juara. Cerita Ganti Hati dan kesehatannya. Cerita semasa kecilnya. Kisah bisa mendapat istri yang begitu pengertian dan sabar. Cerita menjadi seorang jurnalistik dan masih banyak lagi. Akan sayang jika pengalaman itu tidak didokumentasikan. Pasti asyik karena akan sarat hikmah dan pelajaran yang dipetik. Guyonannya pasti oke. Karena dari Abah sendiri.  Mumpung bisa membagi pengalaman, YouTube nya bisa menjadi amal jariyah, bagi mereka yang hendak menimba pengalaman dari Abah. Akan sangat positif. Rata-rata tokoh yang mempunyai channel YouTube mengundang orang lain untuk bercerita pengalamannya, padahal sumber daya pengalaman pribadi malah lebih hebat.  Monggo Abah bisa dibuat podcastnya. Gaskan!

 

Suwarti Wati

iya Mba harga minyak kelapa yang itu tinggi.  Tapi sebenarnya yang saya ingat untuk memasak khusus nya menggoreng lebih cepat kering dan tidak basah minyak di makanan. Ah jadi kangen masa kecil di rumah orang tua.

 

Alexs sujoko sp

Resep nenek moyang yang saya masih ingat. Nenek atau ibu dulu sering buat minyak kelapa ini. \" pembuatan minyak goreng dari kelapa \", bener yang tua atau mbah buyut dulu yang biasa mengerjakan. 1. Pilih kelapa yang tua, ambil dagingnya  2. Lakukan pemarutan ( diparut )  3. Campur dengan air secukupnya, diremet - remet ( bhs jawa ), kemudian peras ambil air santannya pakai penyaring  4. Masukkan santan dalam panci/ wajan. Panaskan dengan api kecil, aduk terus sampai terpisah antara \" minyak \" dan \" londo \".  Londo bisa disebut ampas minyak. Warna coklat rasa manis dan sedikit asin. Bisa digunakan untuk campuran masakan dari bahan jengkol  5. Saring minyak dari londo, masukkan dalam toples kaca  6. Siap digunakan untuk pengganti minyak kelapa sawit yang lagi langka. Dulu malah minyak kelapa ( kopra ) ini yang dipakai, sebelum hilang karena ada minyak dari kelapa sawit. Monggo yang milenial kalau mau buat.

 

Gambit H-1982

Catatan Editorial:  # charge = Banyak disebut, sekali pun belum diberi padanan: isi daya.  # Km = Singkatan \"kilometer\", tidak kapital; pun dalam konteks \"km/jam\".  # Density-nya = Bisa gunakan \"densitas\", cukup populer. Ini terkait massa jenis benda.  # cat-nya = Harusnya tidak kapital, kecuali ada maksud penekanan.  # speedometer = Padanannya masih asing di kuping: pengukur kelajuan. Namun, tak ada salahnya tetap disosialisasikan.  # tiga kali lebih jauh dari yang di rumah Sakura = Fungsi \"dari\": keterangan asal; \"daripada\": keterangan perbandingan. Ragam lisan dikedepankan daripada ragam tulisan.  # MIT = Nama kampus ternama di Boston: Massachussetts Institute of Technology.  # venture capital = Maksudnya modal ventura, yakni pendanaan untuk perusahaan rintisan (baca: startup).  # ... Wall Street Journal, Los Angeles Times dan media terkemuka lainnya. = Pakem: sebelum \"dan\" diberi koma, termasuk pemerian kompleks. Gaya jurnalis Inggris, ya seperti selera Abah ini: \"koma\" tidak diperlukan.  # geser menggeser = Sama dengan \"terus-menerus\", tergolong kata ulang berimbuhan. Tanda hubung mutlak adanya.   # powerbank; power bank = Padanan Indonesia-nya: bank daya; bandingkan dengan \"charger\": catu daya.  # rangkaian pasok = Mungkin maksudnya \"rantai pasok\", padanan dari \"supply chain\".  Demikian. Semoga bisa jadi masukan. Afwan jika kurang berkenan. 

Tags :
Kategori :

Terkait