Siapkan Minimal Tiga Cita-cita, Jika Gagal? Lanjut ke Tujuan Berikutnya

Senin 14-03-2022,00:00 WIB

JAMBI - Kebanyakan orang memiliki satu cita-cita dalam hidupnya, namun bagi Intan cita-cita harus lebih dari satu. Mengapa? Supaya kita memiliki pilihan lain dalam menentukan masa depan. “Fokus pada satu tujuan itu bagus, namun memiliki opsi dua dan tiga itu juga tidak salah,” ujar gadis bernama lengkap Intan Permata Sari yang sekolah di SMKN 4 Sarolangun ini. Menambah list cita-cita juga tak terlambat selagi masih duduk di bangku sekolah.

Intan mengurutkan cita-cita sesuai prioritas, yaitu polwan, pramugari dan modeling. Menurutnya tak sedikit orang yang mengalami depresi karena cita-cita tunggalnya tidak tercapai. Kecewa karena ia terlalu fokus pada satu tujuan dan sedih mendalam ketika gagal.

“Namun jika kita punya banyak opsi, kita tak akan lama-lama sedih, lanjut ke tujuan berikutnya, kecewa itu manusiawi, tp optimis juga keharusan” lanjut gadis yang suka travelling ini.

Intan mengaku punya kosentrasi prioritas pada tujuan utamanya, dari sekarang ia terus mempersiapkan diri mulai dari olahraga untuk fisik dan berusaha fokus dengan smua pelajaran. Pengalamannya menjadi anggota Paskibra diakui Intan cukup mempengaruhinya dalam hal fisik. “Saat paskibra banyak mendapatkan bekal olah fisik, itu saya jadikan pengalaman berharga dan saya jadikan bekal di masa depan saya nanti,” lanjutnya.

Jika pun nanti ia tak lolos menjadi Polisi, saat ingin jadi pramugari dan model, fisik yang sehat diakuinya masih jadi hal penting untuk dipersiapkan.

Lantas bagaimana jika di masa depan ia malah memiliki profesi yang berbeda dari tiga cita-citanya tadi? Intan menjawab baginya itu bukan hal yang perlu dijadikan alasan untuk kecewa berat. “Pada prinsipnya jadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang, itu lebih penting, jika pun tidak jadi sesuai cita-cita, ia akan berusaha untuk tetap optimis menatap masa depannya.

“Tinggal buat rencana baru lagi, itu bukan hal yang perlu dibuat sulit,” lanjutnya lagi. Namun fokus dan berusaha sekuat tenaga mewujudkan mimpi, itu dikatakan Intan adalah bentuk ikhtiar. “Tuhan ngga akan menolong orang yang tidak berusaha , jadi harus optimis, usaha saja dulu, tetap positif, supaya hasilnya juga baik, satu lagi jangan lupa berdoa,” tambah gadis yang punya pengalaman di dunia modelling ini. (dpc)

Tags :
Kategori :

Terkait