Di Merangin ada Rumah Usia 500 Tahun dan Flora Usia 300 Juta Tahun

Senin 21-03-2022,00:00 WIB

JAMBI - Merangin itu unik dan penuh sejarah, ada banyak histori menarik yang tersimpan di Merangin. Demikian kata Kurnia Putri, siswi MAN 1 Merangin kepada Jambi Ekspres. Gadis penyuka hewan kucing ini mengaku, mengetahui banyak sejarah hebat di Merangin membuat ia makin bangga sebagai generasi Merangin.

Salah satu yang sangat populer di Merangin adalah Rumah Tuo Rantau Panjang. Kata Kurnia, usianya hampir 500 tahun. “Dari literasi yang saya baca Penduduk di Desa Rantau Panjang juga adalah suku tertua di Provinsi Jambi, sebutannya adalah Suku Batin, bahkan diperkirakan sudah 700 tahun suku ini menempati Desa Rantau Panjang,” lanjutnya. Ia yakin rumah bersejarah yang masih kokoh berdiri seperti yang ada di Merangin ini belum tentu ada di tempat lain. “Ini adalah icon sejarah provinsi ini, bukan hanya kabupaten ini,” lanjutnya lagi.

Menarik lainnya, di Merangin juga ada Geopark. Dimana terdapat flora dan fauna sudah berbentuk batu fosil usianya diperkirakan 300 juta tahun. “Fosil ini hanya ada di Merangin,” lanjutnya. Geopark Merangin juga masuk penilaian UNESCO.Selain itu di kawasan Geopark terdapat pula arus air sungai yang cocok untuk olahraga rafting skala internasional.

Tak hanya untuk kaum profesional, masyarakat umum yang ingin rafting pun bisa ikut karena telah ada instruktur profesonal yang siap mendampingi. “Jujur ini adalah sebuah kebanggan,” lanjut penyuka nasi kunyit ini.

Kurnia juga menghimbau masyartakat di Provinsi Jambi untuk bisa menjadikan Merangin sebagai tujuan destinasi wisata mereka. “Sebenarnya tak cukup waktu pendek jika ingin eksplore Merangin, namun kalau 2 atau 3 hari saja pun, sudah bisa mengunjungi destinasi menarik kok, jadi next time bisa kembali untuk lanjut eksplore lagi,” tambahnya. Ia sendiri, tak pernah merasa puas menjelajah Merangin, “Padahal orang Merangin,” ujarnya sambil tertawa. Belum lagi jika masuk wilayah Jangkat, di sana kita akan menemukan lokasi yang sangat sejuk dengan hasil pertanian sayur yang berlimpah. “Jangan ngaku orang Jambi kalo belum menjelajah Merangin, kalo sudah datang pasti ingin kembali lagi,” lanjutnya sambil promosi. (dpc)

Tags :
Kategori :

Terkait