Pelatihan Teknologi dan Digital dari Kemkominfo Untuk SAD Air Hitam Sarolangun

Rabu 23-03-2022,00:00 WIB

SAROLANGUN – Dua Puluh pelajar Suku Anak Dalam (SAD) dari siswa SDN 191 Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi dilatih untuk memahami teknologi informasi dan komunikasi.

Hadir dalam pembukaan acara Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI Haryati menjelaskan, pihaknya dalam beberapa tahun terus membangun infrastruktur dalam mengakses internet diseluruh Indonesian, kemudian turut hadir pada acara tersebut adalah Wakil Bupati Sarolangun, Sekretaris Badan Litbang SPM Kementrian Kominfo Ibu Dra. Haryati, M.Kom, Direktur Politeknik Jambi Ibu Ir. Hilda Herawati, MT,Kepala BPSDM Jakarta Bpk. Faruliyan, Kepala-kepala UPD Kab. Sarolangun, Wakil ketua PKK kab. Sarolangun , Camat Air Hitam, Kapolsek Air Hitam , Kepala KUA Air Hitam, Kepala Desa Se-Kec. Air Hitam, emenggung Nggrip, Kepala sekolah SDN 191 Pematang Kabau, Babinsa Bukit Suban, Dinas Sosial Kab. Sarolangun, PT. SAL, Orang tua wali murid peserta pelatihan TIK.

Dikatakan Dra. Haryati, M.Kom, dalam sambutan pertama yaitu dengan program pengenalan digitalisasi, warga rimba diharapkan terinspirasi mengenal bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet tersebut seperti pengenalan Laptop, tehnologi HP yang ramah anak.

\"Ini ada yang kita lakukan secara tatap muka dan seperti saat ini dilakukan, kami juga memfasilitasi komputer ataupun laptop yang kini digunakan untuk sarana pelatihan,\" katanya.

Kemudian menurut Direktur Politeknik Jambi Ir. Hilda Herawati, MT menambahkan, selain pengenalan, juga memancing kebiasaan anak rimba dalam menggunakan digital saat proses pembelajaran di sekolah Hilda membeberkan, pihaknya juga memantau proses pembelajaran dan pembuatan media sosial bagi anak rimba agar mereka dikenal di seluruh dunia.

\"Metode yang kita gunakan tentu berbeda dengan anak-anak lainnya, yang jelas pengenalan dulu nanti baru masuk ke dunia ilmu komputernya,\" pungkasnya.

Hilallatil Badri Wakil Bupati Sarolangun mengatakan, pembukaan kegiatan pelatihan digitalisasi bagi Anak Rimba itu didukung oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

\"Kami pemerintah daerah berterima kasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memilih Sarolangun sebagai mega proyek awal di Provinsi Jambi untuk melaksanakan kegiatan pelatihan digitalisasi,\" kata Hilal, Selasa (22/3).

Hilal mengharapkan program ini dapat berkelanjutan, dan ke depan pemerintah pusat kembali membantu penguatan jaringan untuk mempermudah anak-anak warga Air Hitam mengakses internet.

\"Akses digitalisasi dalam artian tower kita hari ini masih kurangan, karena di beberapa tempat tidak memiliki sinyal di tambah Covid-19 mewajibkan anak-anak belajar daring,\" ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait