Bankesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Tanjabtim Tingkatkan Pemahaman dan Wawasan Politik di E

Kamis 24-03-2022,00:00 WIB

JAMBI – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Jambi, Rabu (23/3) kembali menggelar sosialisasi pendidikan politik tahun 2022 dengan tema “Etika dan Budaya Politik di Era Media Sosial Digital”.

Kegiatan dilaksanakan di aula Kesbangpol Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan 50 orang peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Sisw SMA/SMK sederajat dilingkup Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Sasaran kita adalah pemilih pemula, dimana mereka memiliki peran besar dalam mensukseskan Pemilihan Umum Legislatif secara langsung, baik Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota, PemilihTanjan Umum Presiden atau Wakil Presiden serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,” di tahun 2024 mendatang, Jelas Kepala Bidang Partisipasi Politik Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Suwardi. Dpt yang mewakili Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, H. Mukti, SE., ME.

Sosialisasi pendidikan politik ini di harapkan dapat memberikan pemahaman kepada pemilih pemula yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur bahwa pentingnya pendalaman nilai empat pilar kebangsaan, pemahaman hak dan kewajiban WNI dalam membangun etika dan budaya politik. Jadi dengan sosialisasi pendidikan politik ini diharapkan semoga wawasan para peserta sosialisasi pendidikan politik bisa lebih terbuka.

Dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta sosialisasi, Badan Kesbangpol Provinsi Jambi menghadirkan narasumber, yaitu Anggota DPRD Provinsi Jambi, H. Muhammad Juber, S.Ag dan Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur Samsedi. S.Sos.

“Pastinya diharapkan kepada seluruh masyarakat khususnya peserta sosialisasi kali ini tidak mudah terpancing dengan isu atau HOAX yang bertujuan memecah belahkan kerukunan sesama, apalagi di era media sosial yang sangat luas seperti saat ini,” kata Plt. Kaban Kesbangpol Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Effendi.

Untuk diketahui bersama bahwa pemilu serentak akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan pilkada serentak Kan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Untuk itu penting adanya kesiapan dan pemahaman yang baik kepada masyarakat khususnya pemilih pemula tentang pentingnya pendidikan politik dalam penerapan nilai-nalai dan norma-norma kehidupan sehari-hari. (Uci)

Tags :
Kategori :

Terkait