BRI Terus Lakukan Pendampingan UMKM, BuktiDukungan Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI)

Selasa 05-04-2022,00:00 WIB

JAKARTA – Dalam rangka mendukung pemulihan ekonominasional, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terusmendukung program pemerintah, salah satunya melalui GerakanNasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Hal ini sekaligus sebagai upaya perseroan untuk mendorongmasyarakat agar lebih mencintai dan membeli produk lokal dariUMKM Indonesia. Di sisi lain, UMKM juga didorong untuk terusberinisiatif memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dalam memasarkan produknya.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyantomengatakan, BRI senantiasa melakukan pendampingan kepadaUMKM untuk meningkatkan transaksi penjualan. “Kalaupenjualannya naik, pelaku usaha juga otomatis akan naik kelassehingga peran BRI di sini juga menjembatani mereka ke pasar yang lebih luas,\" katanya.

Seperti diketahui, berbagai bentuk dukungan BRI telahdiimplementasikan lewat serangkaian program, seperti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang selalu suksesdiselenggarakan rutin setiap tahun. Untuk tahun lalu, sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia pun berhasil menandatanganicommitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksimencapai US$72,13 juta. Angka tersebut melampaui target sebesarUS$65 juta.

Amam menambahkan, pencapaian ini menjadi momentum bagiUMKM Indonesia untuk survive, bangkit, dan bertransformasidalam menjawab tantangan yang ada.

Di dalam kegiatan tersebut, BRI telah mempertemukan UMKM dengan pembeli potensial yang berasal dari mancanegara. Keberhasilan business matching tersebut membuktikan bahwakualitas produk UMKM Indonesia mampu bersaing di pasarinternasional.

Terkait hal ini, BRI secara berkelanjutan juga melibatkan pelakuusaha, termasuk UMKM dalam pengadaan Capex maupun Opexperseroan. Tercatat, dari pengadaan ini, Tingkat Komponen Dalam Negeritelah (TKDN) yang dicatatkan BRI mencapai 66,67% sepanjang 2021.

Selain itu, bentuk dukungan lainnya juga dibuktikan melaluiberbagai Expo UMKM lokal yang diselenggarakan, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya adalah pameran virtual industri kreatif UMKM dengan tema “Lokal Keren Jatim” pada tahun lalu. Kegiatan yang diselenggarakan untuk mendorongpengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur (Jatim) ini merupakan bagian dari rangkaiankegiatan BRI UMKM EXPO(RT) Road to BRILIANPRENEUR.

Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata BRI dalam mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia yang sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Di dalam Gernas BBI, perseroan berkomitmen untuk terusmeningkatkan ekonomi di Tanah Air dengan cara membangkitkansektor-sektor potensial, khususnya UMKM. Upaya ini akanmendorong peluang usaha sehingga dapat membuka lapanganpekerjaan bagi masyarakat,” ungkap Amam.

Sebagai informasi, Gernas BBI yang diluncurkan pertama kali padaMei 2020 ini terus didorong oleh seluruh stakeholder. Tercatatsebanyak 5,5 juta UMKM artisan telah onboarding di marketplacedengan total sebesar 17,2 juta unit pada 2021. Angka ini mencapai57% dari target pemerintah, yakni 30 juta UMKM yang akanonboarding pada tahun 2023. Gernas BBI tersebut dilakukan olehberbagai pihak, mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, serta platform marketplace. (van)

Tags :
Kategori :

Terkait