DISWAY BARU

Jembatan Batanghari III Tonggak Sejarah Baru Tol Jambi Dibangun Tanpa Tiang di Tengah Sungai

Jembatan Batanghari III Tonggak Sejarah Baru Tol Jambi Dibangun Tanpa Tiang di Tengah Sungai

Ilustrasi Jembatan Batanghari III di ruas Tol Jambi. Jembatan ini tidak akan menggunakan tiang di tengah sungai, konstruksinya menerapkan metode balanced cantilever-Foto: Tangkap layar Video Waskita Karya-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.DISWAY.ID – Jembatan Batanghari III akan jadi tonggak sejarah baru Tol Jambi yang dibangun tanpa tiang di tengah sungai.

Mengapa tanpa tiang? Karena Sungai Batanghari termasuk salah satu jalur sungai yang sibuk di Sumatera, menjadi lintasan transportasi hasil tambang batu bara dan hasil perkebunan sawit di Jambi.

BACA JUGA:Yes! Harga BBM Seluruh Indonesia Kembali Turun, Berikut Harga Baru BBM Berlaku Rabu 4 Juni 2025

Jembatan Batanghari III juga akan menjadi saingan baru jembatan Musi 5 di Palembang. Jembatan megah yang ditembus Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), dan sama-sama menempuh sungai yang arus lalu lintasnya cukup padat.

BACA JUGA:Terkuak Lokasi Jembatan Batanghari III Jalur Tol Jambi

BACA JUGA:BBM Pertalite Turun! Bukan Rp 10.000/Liter, Sekarang Harga Asli BBM Pertalite Segini Per Selasa 3 Juni 2025

Mirip dengan jembatan Musi 5, besar kemungkinan Jembatan Batanghari III Tol Jambi akan dibangun lebih panjang dari lebar sungainya yang ada saat ini, lebar Sungai Batanghari yang dilewati Tol Jambi sekitar 500 meter. 

Sudirman, Direktur Teknik dan Operasi PT Waskita Sriwijaya ToL yang membangun Jembatan Musi 5, kepada media beberapa waktu lalu mengatakan Panjang bentang jembatan Tol Musi 5 mencapai 1,7 Kilometer, sementara lebar sungainya tak sampai 1 kilometer. 

BACA JUGA:55 Kilometer Lahan Tol Jambi ‘Hilang’ dari Peta Pembebasan Lahan

BACA JUGA:Harga BBM di Jambi Turun Rp 630 Per Liter, Berikut Harga Baru BBM di SPBU Seluruh Jambi Senin 2 Juni 2025

Metode pembangunan jembatan tanpa tiang di tengah sungai dilakukan dengan konstruksi balanced cantilever, melalui metode ini akan memanfaatkan efek kantilever sehingga struktur jembatan dapat berdiri dan tersambung tanpa bantuan sokongan dari bawah sungai (perancah/falsework). 

Metode inilah yang digunakan pada jembatan tol Musi 5 Palembang. Proses pembangunannya juga unik, dimulai bertahap dari setiap sisi sungai.

BACA JUGA:HK Klaim Pembangunan Tol Jambi-Betung Libatkan Hampir 5.000 Tenaga Kerja

Proses pembangunan Jembatan Batanghari III sendiri, akan jadi sangat menarik. Selain metode pembangunannya yang mengandalkan teknologi konstruksi kelas tinggi, juga akan banyak yang penasaran, desain jembatan ini akan seperti apa.

Jembatan Batanghari III juga akan menjadi jembatan penting, sebagai satu-satunya jembatan dalam proyek JTTS yang menyeberangi Sungai Batanghari.

BACA JUGA:Bukan Dua Tapi Ada Tiga Gerbang Tol Jambi-Rengat Hingga Batas Riau, Satunya Dekat Polres Muaro Jambi

Jembatan Batanghari III ini tak hanya mengantar pengendara melalui Tol Jambi ke negeri provinsi tetangga yaitu Riau, namun juga mengantar harapan, asa demi asa, untuk pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat di Jambi maupun provinsi lain di Pulau Sumatera.

Kapan Jembatan Batanghari III Tol Jambi mulai dibangun? tentu tak akan lama lagi, berpeluang tahun 2026, sejalan dengan semakin dekatnya Tol Pijoan ke arah Sungai Batanghari. (*)

BACA JUGA:Sebenarnya Kapan Tol Jambi-Palembang Tersambung Utuh? Kok Masih Putus-Putus

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait