Sosialisasi Seleksi Penilaian Gudep Berprestasi Tingkat SMP Dispora Kota Jambi

Sosialisasi Seleksi Penilaian Gudep Berprestasi Tingkat SMP Dispora Kota Jambi

Dari kiri pejabat fungsional Dispora Kota Jambi 1, Kabid Kepramukaan Dispora Kota jambi dan pejabat fungsional Dispora Kota Jambi 2--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Meningkatkan eksistensi kepramukaan di gugus depan (gudep), Dispora kota jambi melaksanakan Sosialisasi Seleksi Penilaian Gudep Berprestasi tingkat SMP dalam Kota jambi Tahun 2022. Kepala Dispora kota jambi, Ir. Moncar Widaryanto melalui Kabid Kepramukaan, Zulafni, M.Pd mengatakan Dispora kota jambi bidang kepramukaan pada tahun 2022, akan melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya lomba gudep berprestasi.

Kabid Kepramukaan Dispora Kota Jambi, Zulafni, M.Pd saat paparan

“Fokus kita tahun ini adalah pangkalan gudep yang ada di SMP negeri maupun swasta di Kota jambi,” kata Kabid Kepramukaan, Zulafni, M.Pd Rabu (25/5) lalu.

Dikatakannya, terdapat tiga poin pokok yang akan dinilai dalam perlombaan tersebut, pertama terkait pengisian aplikasi sistem informasi kepramukaan Kota Jambi, yang saat ini dilakukan secara digital.

Peserta sosialisasi

"Semua gudep bisa masuk ke aplikasi untuk melengkapi data keanggotaan, pengurus maupun prestasi gudep,” terangnya.

Kedua, melengkapi proses administrasi yang ada digudep tersebut. Karena dalam permendikbud disebutkan kegiatan kepramukaan adalah program wajib disekolah. Karena ekstrakulikuler wajib maka perlu memiliki program kerja yang bagus. Dan yang ketiga poin yang dinilai adalah membuat video aktifitas gudep dengan durasi 5-10 menit.

Salah satu peserta yang mengajukan pertanyaan

“Nanti kami cek keaslian video, tampilan baru dicek durasi. Kita juga puny ayoutube khusus, video yang terbaik akan kami tampilkan dalam chanel youtube kami. Ketiga aspek tersebut akan dinilai oleh Kwarcab kota jambi, Kominfoa dan Dispora Kota Jambi untuk melakukan penilaian. Kami perkirakan sekitar bulan juli sudah bisa dilakukan penilaian, memang terdapat keluhakan karena selama 2 tahun pandemi aktifitas kepramukaan agak mandek, tapi kami berikan waktu yang lumayan lama. Pada HUT Pramuka atau 14 Agustus nama pemenang gudep akan diumumkan. Kami  mohon pak wali untuk menyerahkan hadiah tersebut, untuk hadiah berupa piala dan uang pembinaan,” tandasnya.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: